Cara Obati Luka Cipratan Minyak Panas Dengan Bahan Alami

Kesehatan

ilustrasi (smartcaresolutions.com)

Penulis:Randi

Sangat penting untuk diketahui dan dipahami obat luka yang disebabkan oleh cipratan minyak panas. untuk pertolongan pertama disaat terkena cipratan minyak panas sangatlah di perlukan.

Sangat penting untuk diketahui dan dipahami obat luka yang disebabkan oleh cipratan minyak panas. untuk pertolongan pertama disaat terkena cipratan minyak panas sangatlah di perlukan, mengingat luka tersebut merupakan luka yang tergolong luka bakar.

Dalam medis, luka bakar diklasifikasikan menurut tingkatanya. tingkat pertama hanya mengenai lapisan kulit saja. hal tersebut masih di  kategorikan ringan.

Tingkat ke dua dan tiga pada umumnya sudah terbentuk luka bakar dan merusak semua lapisan kulit jauh di dalamnya.  bahkan luka bakar tingkat tiga sudah termasuk ke tingkat darurat dalam hal medis dan hanya boleh ditangani oleh pihak rumah sakit.

Pada umumnya luka bakar cukup membutuhkan waktu 3 minggu itu pun jika di rawat dengan benar dan ditangani dengan tepat. 

Berikut obat luka alami yang dapat digunakan untuk mengobati luka bakar ringan.

1. Lidah buaya
Lidah buaya memiliki sifat anti bakteri dan anti-inflamasi, itulah mengapa lidah buaya  merupakan obat penyembuh yang sangat baik.

Lidah buaya bisa meningkatkan sirkulasi di sekitar luka dan lidah buaya dapat mencegah pertumbuhan bakteri di area tersebut. 

Oleskan gel lidah buaya murni yang diambil dari daun tanaman lidah buaya ke area yang terluka.

2. Madu
Menurut medicalsewstoday.com, terdapat studi bahwa madu mungkin bisa memberikan beberapa manfaat saat mengkonsumsinya atau menggunakanya.

Untuk mengobati luka bakar dengan menggunakan madu, gunakan madu dengan mengoleskan ke perban, kemudian meletakan perban tersebut ke atas kulit yang mengalami luka bakar.

3. Minyak Kelapa
Pengobatan menggunakan minyak kelapa merupakan sebuah cara pengobatan tradisional. hal ini dikarenakan minyak kelapa memiliki kandungan vitamin E yang dapat mengobati luka bakar. untuk mengobati luka bakar, gunakan minyak kelapa dengan campuran setengah sendok teh air perasan lemon ke satu sendok teh minyak kelapa. kemudian pijat perlahan-lahan pada bagian luka. Minyak kelapa memiliki khasiat anti-jamur yang dapat mencegah infeksi. sedangkan lemon memiliki kandungan asam yang meringankan gejala luka bakar tersebut.

4.Cuka
Kandungan cuka, yang berupa asam asetat dapat meredakan nyeri hingga peradangan. juga dapat menghilangkan sensasi panas akibat luka bakar. celupkan kapas ke dalam satu sendok teh cuka. kemudian oleskan ke area yang terbakar dengan lembut agar luka terasa dingin.

5.Teh hijau
Banyak penelitian menyebutkan bahwa teh hijau memiliki sifat anti inflamasi dan anti oksidatif. beberapa penelitian telah dilakukan juga menunjukan efek menguntungkan teh hijau pada luka bakar bahkan hingga luka bakar tingkat dua sekalipun.

6.Air Dingin
Dilansir dari medicalnewstoday.com dengan mengaliri luka bakar akibat minyak selama 20 menit, maka selain membuat kulit terasa dingin juga ampuh meredakan luka bakar.

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved