15 Makanan Enak Kaya Lemak yang Wajib Kita Kurangi

Kesehatan

Ilustrasi junk food

Penulis:Bearita.com

Makan secukupnya. Segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan pasti akan mendatangkan efek yang tidak baik.

Tidak semua jenis lemak itu buruk buat kesehatan. Makanan dengan lemak jahatlah (lemak jenuh dan lemak trans) yang perlu kita hindari.

Nah, jika ingin kesehatan tidak terganggu maka kita harus membatasi konsumsi makanan yang mengandung lemat jahat. Berikut 15 jenis makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi:

1. Kentang Goreng
Kentang jika digoreng bisa berubah menjadi sumber lemak trans. Salah satu lemak jahat yang merugikan kesehatan.

2. Daging Sapi Berlemak
Daging adalah makanan sehat, tetapi jika daging yang dikonsumsi adalah bagian yang mengandung banyak lemak tentu akan berubah menjadi tidak sehat.

3. Martabak Manis
Margarin merupakan salah satu sumber lemak trans paling umum digunakan, terutama pada pembuatan martabak manis.

4. Pizza
Pizza juga merupakan sumber lemak jahat yang harus diwaspadai. Sumber lemak jahat pada makanan khas Italia ini ada pada topping-nya.

5. Ayam Goreng Cepat Saji
Selain rendaman minyak panas, kulit ayam yang tidak dibuang dan bumbu-bumbu lainnya yang tinggi garam tidak hanya membuat makanan ini menjadi sumber lemak, tapi juga kolesterol jahat.

6. Donat
Margarin dan minyak yang digunakan untuk menggoreng donat menjadi alasan kudapan satu ini masuk sebagai salah satu makanan yang mengandung lemak jahat.

7. Gorengan
Gorengan tahu, tempe, bakwan hingga singkong bisa menjadi sumber protein dan karbohidrat sekaligus lemak jahat untuk tubuh.

8. Keju
Makanan yang terbuat dari susu berlemak tinggi, seperti keju perlu kita batasi konsumsinya. Hal ini semata-mata agar terhindar dari konsekuensi akibat penumpukan lemak jahat di tubuh yang tentu tidak akan menyenangkan.

9. Es Krim
Es Krim juga masuk salah satu olahan yang terbuat dari susu berlemak tinggi. Jadi sebaiknya kita membatasi konsumsinya.

10. Daging Olahan
Batasilah konsumsi daging olahan seperti sosis dan bakso apabila kamu sedang menghindari makanan yang mengandung lemak jahat.

11. Biskuit dan Kerupuk
Selain kaya akan kandungan lemak jahat, biskuit dalam kemasan biasanya juga mengandung banyak gula. Sedangkan kerupuk memiliki garam melebihi anjuran konsumsi harian.

12. Daging Babi
Daging Babi, terutama bagian perut dan bagian lain yang dikonsumsi bersama kulitnya mengandung tinggi lemak jenuh yang akan semakin jahat apabila ditambah dengan garam dan gula.

13. Santan
Santan dikenal bisa meningkatkan kadar kolesterol di tubuh. Sebab, santan mengandung lemak jenuh.

14. Mayones
Mayones adalah makanan yang terbuat dari kuning telur dan minyak. Makanan ini adalah salah satu bentuk lemak jenuh paling nyata yang jarang diwaspadai orang-orang.

15. Permen Soklat
Coklat ketika diolah dengan banyak gula, susu dan bahan tambahan lainnya dalam bentuk permen atau coklat batangan bisa menjadi sumber lemak jenuh.

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved