Inovasi Kegiatan 17 Agustus Pemuda Desa Juai Kec.Tanjung Kab.Tabalong

Daerah

Warga desa Juai Kec Tanjung Kab Tabalong - Kalimantan Selatan

Penulis:Dayat

Meski di masa pandemi namun tidak menyurutkan semangat pemuda yang ada di Desa Juai untuk melaksanakan kegiatan 17 Agustus di tahun 2020.

Masih dalam suasana Kemerdekaan, tentunya semua orang merasakan hal yang sama, bahwa peringatan HUT RI tahun ini sangat jauh berbeda dengan peringatan kemerdekaan di tahun-tahun sebelumnya.

Setiap tanggal 17 Agustus kita selalu memperingati proklamasi kemerdekaan RI. Hampir semua Daerah mengadakan banyak kegiatan, bahkan di tingkat RT sekalipun setiap tahunnya memperingati HUT RI baik dengan mengadakan upacara kemerdekaan, lomba naik pinang dan lomba-lomba 17an lainya, maupun kegiatan lain yang bertujuan untuk memperingati dan memeriahkan HUT RI.

Masa pandemi Covid 19 sudah beberapa bulan melanda negeri kita tercinta, tentu saja hal ini menjadikan peringatan kemerdekaan di tahun ini jauh berbeda, bahkan banyak yang tidak mengadakan perlombaan 17an sama sekali. 

Dalam masa pandemi ini, pemuda Desa Juai yang tergabung di Karang Taruna "Harapan Bersama" tetap mengadakan perlombaan 17Agustusan dengan hal yang unik, mereka mengikuti anjuran Di rumah aja dalam mengadakan perlombaan 17an yang dilaksanakan pada Kamis, tanggal 20 Agustus 2020.

Terlihat di lapangan anggota Karang Taruna berbagi tempat dalam mengadakan lomba, karena lomba difokuskan di rumah masing-masing peserta, salah satunya adalah lomba suami merias isteri, ada 4 rumah yang di datangi, masing" panitia dibagi 2 orang dalam mengawasi jalannya perlombaan sebelum penilaian yang dilakukan oleh dewan juri.

Ketua Pelaksana kegiatan Erna Erpiana menjelaskan "Kami tetap mengadakan lomba dengan cara di rumah saja. Kenapa demikian? Karena kami ingin menghindari kerumunan demi keselamatan warga kami semua. Biarpun lomba online dan di rumah saja tetapi ini tidak meredupkan semangat warga di desa juai, baik dari kalangan anak-anak, anak remaja, orang tua dewasa. 

Ia menambahkan bahwa ada 6 kategori lomba yang diadakan oleh Karang Taruna Desa Juai yaitu : Lomba Adzan, Lomba menggambar, Lomba masak, Lomba suami merias isteri, Lomba video kreatif tentang kemerdekaan, dan turnamen mobile legend. 

Kreatifitas dan inovasi pemuda desa Juai sangat terlihat ketika di lapangan, yang mana seluruh panitia pelaksana berpencar mengawasi ke rumah-rumah peserta dan pelaksanaan lomba serempak terlaksana sesuai waktu yang diinginkan panitia dan mereka juga melakukan pengambilan video dengan hp masing-masing yang akan dirangkum dalam satu video dan akan diupluad ke YouTube yang channel nya bernama Kampoeng Media.

Kades Juai, Mahyudin sangat mengapresiasi kegiatan ini, bahkan beliau ikut berpartisipasi menjadi peserta lomba (suami merias isteri), dia mengatakan bahwa dia salut dengan inovasi dan kreasi Anak muda Karang Taruna Desa Juai yang tetap mengadakan acara 17an dgn mematuhi protokol kesehatan, dia juga menuturkan bahwa kreatifitas pemuda perlu ditingkatkan, karena merekalah generasi penerus yang akan membangun desa, bahkan membangun negara.

Di tempat yang berbeda, terlihat Ketua Karang Taruna "Harapan Bersama" Desa Juai Abdul Latif menjadi juri Adzan sedang fokus melakukan penilaian, Abdul Latif yang pernah menjuarai Adzan di tingkat Kabupaten ini mengatakan bahwa anak-anak  yang ada di desa Juai sudah cukup bagus dalam melantunkan adzan namun perlu beberap perbaikan pada makharijul huruf yang tentu saja sangat penting.

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved