Bagaimana Jadinya Kalau Bumi Kehilangan Oksigen, Walaupun Cuman 5 Detik?

Sains

Ilustrasi

Penulis:Bearita.com

Oksigen (O2) adalah salah satu komponen gas dan unsur vital dalam proses metabolisme manusia.

Tapi apa jadinya jika bumi kehilangan oksigen walaupun cuma 5 detik?

Semua orang akan terbakar matahari

img

Salah satu alasan kenapa manusia sekarang tidak merasa terbakar walaupun disiang hari yang panas, hal ini diakibatkan karena lapisan ozon dibumi yang melindungi bumi dari radiasi sinar matahari.

Lapisan ozon ini berfungsi memantulkan kembali sinar matahari keluar angkasa. Lapisan ozon tersusun dari oksigen jadi jika oksigen tidak ada maka lapisan ozon juga tidak ada dan jika lapisan ozon tidak ada untuk melindungi bumi maka semua makhluk hidup dibumi bakal terbakar.

Semua mesin yang menggunakan pembakaran internal akan berhenti bekerja

img

Oksigen merupakan hal penting dalam pembakaran, karena api membutuhkan oksigen untuk terus terbakar.

Nah, kalau tidak ada oksigen makan tidak akan ada yang namanya api, semua proses pembakaran di pabrik maupun ditempat lain bakal mati. Alat rumah tangga juga bakal tidak dapat berfungsi kembali seperti kompor yang kita gunakan sehari-hari.

Menghancurkan semua sel hidup dan menguapkan lautan

img

Sepertiga dari Air adalah oksigen, tanpa oksigen air juga tidak akan terbentuk, hydrogen adalah gas yang mudah menguap, dengan demikian hal ini dapat menghancurkan semua sel hidup dan menguapkan lautan. Semua makhluk hidup dilautan akan musnah dan laut akan menguap dengan cepat.

Setiap bangunan yang terbuat dari beton akan runtuh

img

Oksigen membantu mengikat struktur beton sehingga bangunan bisa kokoh dan kuat, Jika seandainya oksigen tidak ada maka semua bangunan yang terbuat dari beton bakal runtuh.

Telinga bagian dalam Anda akan meledak

img

Telinga bagian dalam menerima 21% tekanan dari udara, jika tidak terdapat oksigen maka udara dapat memberikan tekanan kedalam telinga kita, jika seandainya hal ini terjadi maka telingan bagian dalam kita bakal meledak.

Kerak bumi bakal runtuh

img

Hal yang paling menakutkan karena kerak Bumi mengandung 45 persen oksigen. Tanpa adanya oksigen di Bumi, kerak Bumi bakal hancur. Tanpa adanya oksigen kerak Bumi bukan hanya retak, namun juga berubah menjadi debu. Akibatnya, manusia jadi tidak memiliki tempat berpijak.

So, itulah hal yang mengerikan yang dapat terjadi jika seandainya bumi kehilangan oksigen dalam 5 detik saja. Masih banyak hal yang bakal terjadi tapi itu adalah sebagian hal yang paling menakutkan menurut saya. Seberapa mengerikan menurut kalian?

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved