Tahukah Kamu, Kol Memiliki Banyak Manfaat Kesehatan

Kesehatan

Penulis:Bearita.com

Walaupun sayur kol ini murah, tapi tahukah kalian kalau terdapat banyak manfaat kesehatan dibalik itu.

Sayur Kol ternyata mengandung vitamin C, K, B1 (thiamin)m B6, folat, karbohidrat, protein, mangan, serat, kalsium, kalium, dan magnesium. Sejumlah mikronutrien lain dalam jumlah kecil seperti vitamin A, zat besi, dan riboflavin juga terkandung dalam kol. Bahkan hanya dengan mengonsumsi 50 gram kol yang sudah dimasak sudah dapat memenuhi sekitar 54% kebutuhan vitamin C harian. Sayuran ini juga rendah kalori dan nyaris tidak mengandung lemak.

Berikut beberapa manfaat Kol untuk kesehatan

Mencegah Peragangan

Sayur kol mengandung banyak antioksidan berbeda yang telah terbukti mengurangi peradangan kronis

Bagus Untuk Pencernaan

Sayuran Kol juga kaya akan serat tidak larut, sejenis karbohidrat yang tidak bisa dipecah di usus. Serat tidak larut membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat dengan menambahkan curah pada tinja dan membantu membuat pergerakan usus yang lebih teratur. Serat ini telah terbukti meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan di usus.

Menyehatkan Jantung

Kol merah mengandung senyawa kuat yang disebut anthocyanin. Kol mengandung lebih dari 36 jenis anthocyanin yang kuat, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Menurunkan Tekanan Darah

Sayur Kol kaya akan Kalium. Kalium adalah mineral dan elektrolit penting yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan baik.

Menurunkan Kolesterol

Sayur Kol memiliki dua zat yang sudah teruji mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dua zat tersebut adalah Serat Larut dan Plant Sterol.

Serat Larut membantu menurunkan kadar kolesterol LDL "jahat" dengan mengikat dengan kolesterol dalam usus dan menjaga agar tidak diserap ke dalam darah. Sedangkan Plant Sterol adalah senyawa tanaman yang secara struktural mirip dengan kolesterol, dan mereka mengurangi kolesterol jahat dengan menghalangi penyerapan kolesterol dalam saluran pencernaan.

Mencegah Kanker

Sayur Kol mengandung banyak sulforaphane yang memiliki sifat antikanker. Kol juga mengandung senyawa lain yang disebut isothiocyanate. Zat ini dapat merontokan karsinogen dengan mengeluarkannya dari tubuh. Serta vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan juga membantu mencegah radikal bebas yang dapat memicu kanker.

Membantu Pengobatab Diabetes

Kol merah memiliki sifat antihiperglikemik, yang dapat mengurangi risiko nefropati diabetik. Antosianin dalam kol juga bisa berperan dalam mengobati dan bahkan mencegah diabetes.

Bagus Untuk Kesehatan Mata

Lutein dan zeaxanthin dalam kol berkontribusi pada kesehatan penglihatan. Lutein bersama dengan antioksidan lain yang disebut zeaxanthin melindungi retina dan lensa terhadap sinar ultraviolet. Kubis juga mengandung vitamin C, nutrisi lain yang menyehatkan penglihatan.

 

Sumber: https://bit.ly/3aaLsre dan https://bit.ly/2DJcz0n

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved