Panda Tertua Rayakan Ulang Tahun Ke 38

Global

Panda raksasa Xinxing menikmati kue ulang tahun spesialnya di Kebun Binatang Chongqing di Kota Chongqing, China pada 16 Agustus 2020.

Penulis:Randi

Seekor panda tertua di dunia yang ada di kebun binatang Chongqing, barat daya China, merayakan ulang tahunnya yang ke-38 pada 16 Agustus.

Panda tertua di dunia yang ada di kebun binatang Chongqing, barat daya China, merayakan ulang tahunnya yang ke-38 pada 16 Agustus.

Dikutip dari VOA Indonesia, Senin (17/8/2020), usia panda ini diketahui bisa sebanding dengan umur manusia sekitar 110-140 tahun.

Banyak warga lokal dan penggemar dari panda itu yang datang ke kebun binatang untuk bersama-sama membuat kue besar yang berisi buah-buahan dan rebung.

Para pengunjung itu pun menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuk panda raksasa yang bernama Xinxing itu.

Seorang warga lokal menyampaikan, "Ia luar biasa. Selamat ulang tahun Xinxing! Sehat selalu dan panjang umur."

Xinxing juga masih dalam kedaaan sehat, meskipun sudah berusia 38 tahun. Panda tersebut pun memiliki berat badan yang sangat terjaga yaitu antara 95-100 kilogram.

Cara Kebun Binatang Chongqing menjaga kesehatannya, adalah dengan secara khusus membuat resep agar Xinxing bisa makan lebih banyak dalam satu hari, tetapi dengan proporsi yang lebih sedikit setiap kali makan.

Direktur teknis rumah panda di Kebun Binatang Chongqing, Yin Yanqiang, mengatakan, "Ada 3-4 staf yang merawatnya, dan staf lain membantu kapan pun dibutuhkan. Kami biasanya memotong-motong daun bambu sebelum memberikan kepadanya. Kami ingin menjaga berat tubuh Xinxing pada ukuran yang tepat untuk mencegahnya menderita penyakit-penyakit seperti obesitas, darah tinggi, kolesterol tinggi dan gula darah tinggi."

Pada musim panas, Chongqing dijuluki sebagia sebagai kota "sangat panas".

Kendati demikian, untuk melindungi kesehatan Xinxing, maka staf kebun binatang hanya memperbolehkannya berada di luar ruangan pada pagi atau sore hari saja.

Diketahui ada kurang dari 30 panda yang dirawat di penangkaran itu yang berusia di atas 30 tahun.

Sementara Xinxing sendiri, telah melahirkan 10 bayi panda.

Fakta menariknya, hingga akhir 2019 lalu, Xinxing telah memiliki 153 keturunan yang hidup di lebih dari 20 negara dan kawasan, termasuk di Kanada, Amerika, Jepang, Taiwan, Hong Kong dan Shanghai. 

Sumber :

liputan6.com

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved