Mengenal Lebih Dekat Putri Bung Hatta - GEMALA RABI'AH HATTA

Tokoh

Gemala Rabi'ah Hatta sewaktu kecil

Penulis:Bearita.com

Dr. Dra. Gemala Rabi'ah Hatta, MRA., M.Kes. adalah putri kedua dari mantan Wakil Presiden RI yang pertama, Mohammad Hatta dan Rachmi Hatta.

Pada tahun 1970, dia menamatkan masa SMAnya di SMA Santa Ursula, Jakarta

Pada tahun 1976, meraih gelar MRA dari School of Medical Record Administration, Sydney, Australia; beasiswa Colombo Plan.

Melanjutkan kembali pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara RI,lulus tahun 1983, meraih gelar (S-1)

Melanjutkan (S-2) di Pascasarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, lulus tahun 1994

Terakhir pada tahun 2002, berhasil meraih gelar doktor [lulus Cum Laude] dari FKM-UI (jurusan Biostatistik)

Sejak 1978 sampai sekarang mengadakan berbagai pelatihan di bidang manajemen informasi kesehatan (rekam medis). Mendirikan Perhimpunan Profesional Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia, dan 1989-1999 sebagai Ketua Umum. 

Tahun 1970-an memperbaiki organogram struktur rumah sakit di Indonesia pada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sehubungan dengan masuknya unit kerja rekam medis (MIK) di rumah sakit se-Indonesia. 

Membantu proses terbitnya jabatan fungsional Perekam Medis di Departemen Kesehatan yang disahkan oleh Kementerian Penertiban dan Aparatur Negara untuk seluruh praktisi rekam medis (manajemen informasi kesehatan) di Indonesia. Menciptakan lapangan kerja baru tenaga kesehatan Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia. Menerbitkan beberapa buku pedoman untuk bidang keilmuan ini, yakni "Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan". 

img

Penghargaan internasional yang diterimanya adalah Merit Award International Federation on Health Records Organization (IFHRO), Dallas, AS (1989). 

Co-writer untuk 2 modul sirkulasi dunia. WHO: "Development of simple record systs. For Primary Health Care"-pedoman untuk negara berkembang (joint project WHO-IFHRO code V 30/1982) (1982-1987). 

Membuat 3 dari 9 modul package program pelatihan rekam medis untuk negara berkembang (joint project WHO-IFHRO) (1982-1986).

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved