5 Tempat di Pulau Komodo Yang Hadirkan Pesona Memukau

Traveling

pulau komodo (id.wikipedia.org)

Penulis:Randi

Kepulauan Komodo menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di Indonesia karena menjadi kediaman dari hewan endemik Indonesia, yakni Komodo Dragon.

Namun, bukan itu saja yang membuat tempat ini istimewa. Keindahan alam yang menakjubkan juga ada di sini seperti bawah lautnya yang terkenal dengan terumbu karang dan ekosistem yang masih alami. Maka dari itu terdapat beberapa tempat snorkeling menarik yang ada di kawasan Pulau Komodo ini.

1. Pulau Kanawa

Pulau Kanawa adalah salah satu spot diving dan snorkeling yang letaknya ada di tengah perairan di Kepulauan Komodo. Pulau kecil yang masuk dalam Kebupaten Manggarai Barat ini memiliki pemandangan alam pantai yang sangat cantik. Selain itu pulau yang berjarak 15 km dari Labuan Bajo ini juga menjadi spot diving dan snorkeling favorit di Kepulauan Komodo. 

Bagaimana tidak, perairan di sekitar pulau ini memiliki ekosistem bawah air yang masih sangat alami serta terdapat berbagai macam biota laut yang keren disertai kedalaman yang cukup dangkal sehingga memudahkan pengunjung yang ingin ber-snorkeling ria di sini. 

2. Pulau Tatawa Besar

Pulau Tatawa Besar juga menjadi destinasi snorkeling menarik yang berada di kawasan Pulau Komodo yang letaknya berada di sebelah utara Pulau Rinca. Pulau kecil ini juga memiliki beberapa pantai indah berpasir putih khas Pulau Flores yang memesona. Pulau yang tidak jauh dari Pulau Komodo ini juga memiliki kondisi perairan yang cukup tenang dan tentunya keindahan bawah air yang luar biasa. 

Suasana bawah air di sekitaran pulau ini begitu cantik dengan berbagai macam terumbu karang warna-warni dan kalian dapat pula berinteraksi dengan aneka macam ikan laut yang jinak. 

3. Makassar Reef

Beralih ke sebelah barat Pulau Tatawa Besar, terdapat Makassar Reef yang juga menjadi tempat diving favorit. Selain menjadi salah satu tempat snorkeling dan diving, di sini juga terdapat pulau mini berpasir putih yang indah. Tak heran jika lokasi ini juga kerap dikunjungi oleh wisatawan yang berkunjung di Pulau Komodo karena lokasinya paling dekat dengan Pulau Komodo. 

Bicara mengenai keindahan bawah laut, area pulau mini ini juga memiliki pemandangan yang tak kalah indah dibandingkan lainnya. Pada area ini juga mempunyai ragam terumbu karang yang cantik serta pengunjung dapat pula berinteraksi dengan ikan-ikan laut di sini. 

4. Batu Bolong

Berpindah ke sebelah selatan Makassar Reef, adapun tempat bernama Batu Bolong yang juga menawarkan keindahan alam keren di sekitaran Pulau Komodo. Tempat ini dinamai Batu Bolong dikarenakan terdapatnya batu berlubang di permukaannya.

Batu Bolong banyak digunakan untuk diving karena memiliki kedalaman air yang cukup dalam dan juga menawarkan panorama koral berwarna-warni yang keren.

Selain itu di sini para pengunjung juga dapat berinteraksi dengan berbagai macam binatang air jinak seperti ikan-ikan kecil. Serta, terdapat pula ikan pari yang berhabitat di sekitar area perairan ini. 

5. Manta Point

Menuju ke arah selatan, terdapat juga Manta Point yang berada di tidak jauh dari Batu Bolong dan Pulau Komodo. Lokasi ini dijuluki Manta Point karena menjadi kediaman dari ikan pari manta yang banyak ditemui di sekitaran area ini sehingga para pengujung yang bersnorkeling ataupun diving di sini, dapat merasakan sensasi berenang dengan ikan pari. 

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved