Kontroversi dan Skandal Lokomotif Kebanggaan Belanda (Staatsspoorwegen)

Sejarah

Lokomotif

Penulis:Bearita.com

Staatsspoorwegen (SS) nama lengkapnya yakni Staatsspoor- en Tramwegen in Nederlandsch–Indië (SS en T) sebagai perusahaan kereta api terbesar di Hindia Belanda yang selalu terobsesi dengan kecepatan.

Semakin baiknya jalur kereta api antara Batavia dan Surabaya membuat Staatsspoorwegen berusaha memangkas waktu tempuh kedua kota penting di Jawa ini.

Armada lokomotif Staatsspoorwegen juga semakin bertambah kuat dan cepat, seperti seri 700 atau c50 yang pernah menjadi lokomotif tercepat didunia pada tahun 1914.

Semangat untuk menjadi lebih cepat lagi mendasari Staatsspoorwegen untuk menciptakan lokomotif yang lebih bertenaga, lebih besar dan lebih cepat dari sebelumnya.

Maka pada tahun 1914, inspektur kepala SS ir. W. F. Staargaard memerintahkan untuk mecancang lokomotif yang dapat melaju dengan kecepatan 90-100 Km/jam dijalur datar dan mampu menarik rangkaian seberat 400 ton serta bertenaga 1200 daya kuda. 

img

Staatsspoorwegen bekerja sama dengan profesor dari Universitas Teknologi Delft. Kemudian dibuat design lokomotif tipe pasifik dengan 4 silinder kompon yang dilengkapi dengan super hiter.

Selengkapnya bisa disaksikan di video berikut.

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved