Mangga Agrimania, Buah Mangga Termahal Di Indonesia.

Nasional

Penulis:Randi

Tetapi sebenarnya ada mangga unggulan lain dari Indramayu yang banyak diburu oleh para perusahaan-perusahaan besar, pemilik perkebunan atau pencinta buah-buahan di Indonesia.

Indramayu sudah terkenal dengan sebutan sebagai kota mangga. Mangga yang terkenal adalah mangga harum manis dan cengkir. Tetapi hampir setiap saat di pinggir pantura dari Lohbener hingga Kertasemaya banyak berjejer penjual mangga dengan jenis gedong gincu yang sebenarnya tidak hanya berasal dari Indramayu tetapi ada juga dari daerah lain. 

Tetapi sebenarnya ada mangga unggulan lain dari Indramayu yang banyak diburu oleh para perusahaan-perusahaan besar, pemilik perkebunan atau pencinta buah-buahan di Indonesia. Nama buah mangga ini adalah mangga Agrimania. 

Mangga Agrimania mirip mangga gedong gincu dengan warna ke merah-merahan kalau sudah matang, rasanya manis legit, tetapi yang menarik adalah buahnya besar rata-rata perbiji kalau ditimbang lebih dari 1 kg. Mangga Agrimania ini dijual perkilo

Rp.100.000,- hingga Rp.150.000,- maka tidak heran mangga ini merupakan mangga termahal di Indonesia,Bertengger Sejajar dengan Buah mangga Import Dari negara Thailand

Mangga Agrimania ini dikembangkan oleh H. Urip dari desa Nunuk Kecamatan Lelea Indramayu. Mangga ini awalnya merupakan mangga yang dibeli oleh bapaknya sewaktu naik haji di Mekah Saudi Arabia.

Tetapi setelah tumbuh besar ternyata rasa dan ukurannya melebihi sewaktu ia membelinya di Saudi Arabia. Rasanya manis legit, bentuknya menarik dan berukuran besar maka dia berinisiatif untuk melakukan pembibitan. 

Sejak tahun 2013 H. Urip mulai melakukan pembibitan dengan menggunakan polybag. Pohon ini memiliki kelebihan yakni tinggi batangnya sedang, tidak mudah roboh walaupun diterpa hujan dan angin besar.

H. Urip kemudian mendaftarkan paten mangga Agrimania yang ada di lingkungan rumahnya tersebut ke dinas pertanian dan peternakan provinsi Jawa Barat dengan nomor SKTDPBB Nomor 521.32/50/50 DISTASNAK

Mangga Agrimania dari Nunuk Lelea ini pernah diikutsertakan dalam lomba buah unggul tingkat nasional dan ternyata Mangga Agrimania Nunuk Lelea Indramayu menyabet gelar pada Lomba Buah Unggul Nasional tahun 2014 versi majalah pertanian Trubus. 

Saat ini pemesan bibit mangga Agrimania dengan cara stek ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Meraka harus rela mengantri menunggu bibit mangga Agrimania yang berasal dari satu pohon tersebut.

Untuk satu bibit mangga Agrimania H. Urip menjualnya dengan harga Rp.75.000,- per polybag dengan tinggi sekitar 30 cm dan siap dikirim ke seluruh penjuru Indonesia. Menariknya mangga Agrimania ini sudah bisa berbuah sekitar 3 tahun. 

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved