Jejak Kaki Manusia Berumur 120 Ribu Tahun Telah Ditemukan.

Global

Penemuan Jejak Kaki Manusia Purba di Arab Saudi (twitter.com/Saudi Ministry of Culture)

Penulis:Randi

menyusul penemuan jejak kaki manusia dan hewan purba di Gurun Nefud yang memberikan petunjuk baru tentang rute yang diambil nenek moyang kuno kita saat mereka menyebar dari Afrika pada 2018 lalu.

Penemuan jejak kaki manusia purba yang diduga berusia 120.000 tahun telah di temukan di negara Arab Saudi, tepatnya di provinsi Tabuk di barat laut negara itu. penemuan jejak kasi manusia purba tersebut di temukan pada hari Rabu 16 September lalu.

Seperti yang diungkapkan oleh Komisi Warisan Kementerian Kebudayaan, penemuan arkeologi yang luar biasa itu ditemukan tepatnya di sebuah danau tua yang kering.

Selain itu Arkeolog Saudi juga menemukan jejak kaki lainnya seperti unta dan hewan liar lainnya disekitar danau kering tersebut.

Seperti yang dilansir liputan6.com Dr. Jasser Al Herbish, kepala eksekutif dari Heritage Commission, mengatakan, "Tim mengidentifikasi jejak kaki 7 manusia, 107 unta, 43 gajah dan jejak hewan lainnya dari ibex, rusa dan keluarga sapi, dewasa."

Ia menambahkan, pihaknya juga menemukan 233 fosil tulang gajah dan kijang serta bukti keberadaan predator di situs tersebut.

Al Herbish mengatakan, "penemuan arkeologi ini merupakan bukti ilmiah pertama tentang peradaban kuno di Arab dan sekilas menggambarkan tentang lingkungan alam dan keanekaragaman hayati pada saat itu."

Komisi Pariwisata dan Warisan Saudi mengatakan itu adalah salah satu penemuan terpenting pada 2020.

Pemandangan terperinci ini direkonstruksi oleh para peneliti dalam sebuah studi baru yang diterbitkan di Science Advances,  

 

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved