Makanan-Makanan Kaya Gizi Ini Bisa Bantu Tubuh Cegah Virus Corona.

Kesehatan

Saat ini masyarakat di seluruh negara tengah dibuat gelisah oleh serangan virus corona.

Penulis:Randi

Saat ini masyarakat di seluruh negara tengah dibuat gelisah oleh serangan virus corona. Pasalnya, virus ini bukanlah jenis virus yang bisa kita anggap remeh.

Saat ini masyarakat di seluruh negara tengah dibuat gelisah oleh serangan virus corona. Pasalnya, virus ini bukanlah jenis virus yang bisa kita anggap remeh. Seperti yang dikutip dari CNBC Indonesia, dalam laporan AFF, per Selasa (28/01/2020), jumlah korban meninggal akibat terjangkit virus yang mirip Server Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Saat ini beberapa negara tengah berupaya melakukan pencegahan penyebaran virus corona. Sebut saja Jepang, Arab Saudi, Hong Kong, Rusia, Bahrain, Amerika Serikat, Inggris, Thailand, Korea Selatan, Singapura, dan juga Indonesia. Nah selain upaya pencegahan yang dilakukan oleh pemerintah, WHO juga mengungkapkan bahwa untuk mencegah persebaran virus tersebut ialah dengan mengonsumsi makanan yang mampu meningkatkan sistem imun. Makanan tersebut antara lain

Citrus

Citrus (tanaman jeruk) merupakan jenis buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Manfaat vitamin C sendiri seperti untuk atioksidan, mencegah penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan, menangkal radikal bebas,  serta dapat meningkatkan kerja limfatik yang mengeluarkan racun dari dalam tubuh jika dikonsumsi setiap hari. Adapun yang termasuk dalam buah citrus ini seperti jeruk, lemon, serta jeruk nipis.

Paprika Merah

Selain mengandung banyak vitamin C, paprika merah juga mengandung jenis vitamin lainnya seperti vitamin B6, B9, K1, E, A, dan potassium. Paprika juga mengandung phytochemical dan beta-carotene yang berfungsi sebagai antioksidan dan agen anti inflamasi yang baik.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu masak yang wajib tersedia di dapur. Aroma dan rasanya yang gurih pun banyak disukai oleh orang. Namun selain untuk menigkatkan cita rasa masakan, bawang putih ternyata punya segudang manfaat yang ampuh bagi tubuh.

Salah satu manfaatnya ialah untuk memperkuat daya tahan tubuh. Senyawa aktif allicin yang terdapat di dalamnya terbukti mampu membunuh berbagai kuman penyebab penyakit seperti pilek, flu, batuk, serta radang tenggorokan. Berbagai penelitian juga mengungkapkan bahwa dengan rutin mengonsumsi bawang putih mentah, dapat mengurangi resiko jauh sakit akibat tertular penyekit-penyakit di atas.

Jahe

Bumbu dapur lain yang juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh ialah jahe. Kandungan yang terdapat dalam jahe ialah vitamin C, magnesium, gingerols, shogaols, dan zingerones. Kandungan tersebut dapat bermanfaat sebagai antioksidan bagi tubuh. Cara mengonsumsinya pun bermacam-macam. Bisa diseduh dengan air hangat, ataupun dinikmati dalam secangkir wedang ronde.

Makanan Bervitamin E

Makanan yang mengandung vitamin E banyak ditemukan pada kacang-kacangan seperti kacang tanah maupun kacang almond. Kemudian kandungan vitamin E juga terdapat pada biji bunga matahari, jagung, serta gandum. Untuk sayur-sayuran, vitamin E dapat ditemui pada brokoli, bayam, sawi, serta sayuran berdaun hijau lain.

Dan alpukat, pepaya, manga untuk buah-buahan. Adapun manfaat dari vitamin E ialah sebagai antioksidan untuk penangkal radikal bebas.

Itulah beberapa makanan yang dapat membantu memperkuat sistem imun tubuh. Dengan sistem imun yang baik, tentu akan dapat meminimalisir tubuh terhadap serangan penyakit maupun virus, tak terkecuali virus corona yang kini tengah mewabah di beberapa negara.

Meskipun belum ada bukti kuat bahwa virus ini berhasil masuk ke Indonesia, tapi nggak ada salahnya kita tetap melakukan upaya pencegahan sedini mungkin. Karna seperti kata orang bijak bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved