Sosialisasi dan Berbagi, Polda Kalsel Sambangi Daerah Pelosok Desa Aluh-Aluh Kacil Muara

Istimewa

Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Selatan, melaksanakan silaturahmi dengan masyarakat Desa Aluh-Aluh Kecil Muara, Kecamatan Alun-Aluh, Kabupaten Banjar.

Dengan pembatasan peserta sesuai protokol kesehatan, Rabu (09/09). 

Kasubdit Keamanan Khuusus (Kamsus) Direktorat Intelkam Polda Kalsel, Kompol Indera Gunawan melalui Kanit I, Kompol I Wayan Suardiyasa diantara para tokoh agama dan tokoh masyarakat serta perwakilan warga setempat yang hadir mengatakan, sangat penting menciptakan keamanan dan ketertiban dimulai dari lingkungan keluarga.

"Jika setiap warga saling menjaga aman dan damai, tentu peluang tindak kriminalitas akan menurun drastis, sekaligus mencegah anggota keluarga menjadi pelaku ataupun korban," jelas beliau.

img

Sementara itu, Aparatur Desa Aluh-Aluh Kecil Muara, Zainal Hakim SPd sangat mengapresiasi kedatangan dari anggota Polda Kalsel dan ini merupakan perhatian yang luar biasa, karena desa kami cukup terpencil.

Warga Desa Aluh-Aluh Kecil Muara sendiri berjumlah seribu lebih, yang terbagi di lima Rukun Tetangga (RT), dengan akses dari Kota Banjarmasin, dapat dilalui dengan kendaraan roda dua, namun yang termudah melalui akses jalur Sungai Barito, menggunakan perahu.

"Luar biasa meskipun akses ke desa kami harus dicapai menggunakan perahu, dan masyarakatnya hanya kalangan orang biasa, yang mayoritas petani dan nelayan, namun mendapat perhatian dari pihak Polda Kalsel, sehingga kami merasa tersanjung dan cukup bersahabat," tuturnya.

Kami, lanjutnya, tentu sangat bersyukur, selain mendapat silaturahmi, juga diberikan pengetahuan akan Kamtibmas dan yang terpenting terkait pandemi global Covid-19.

Senada dengan hal tersebut, salah satu tokoh masyarakat Desa Aluh-Aluh Kecil Muara, Humaidi mengungkapkan, permasalahan ekonomi warga kadang mampu merubah sisi baik manusia ke tindakan yang mengarah pada hal-hal yang bisa merugikan diri sendiri serta orang lain.

Dengan adanya Pam Swakarsa Sosial, maka kita dapat menjaga lingkungan terutama keluarga agar tidak menjadi pelaku maupun korban tindak kejahatan.

"Tujuan mendirikan Pam Swakarsa tidak lain untuk mengabdikan diri dalam menciptakan keamanan dan ketertiban lingkungan, terutama lingkungan keluarga kita," ungkapnya.

Dengan jumlah ribuan warga yang ada di Desa Aluh-Aluh Kecil Muara, tentu warga akan siap menciptakan rasa aman dan damai serta merta turut menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat, pungkasnya.

img

Selain terlaksananya silaturahmi antara Kepolisian Polda Kalsel dengan masyarakat setempat, warga juga diberikan edukasi terkait upaya pencegahan penyebaran pandemi global Covid-19.

Yakni dengan rajin cuci tangan dengan sabun di air mengalir, menggunakan masker, menghindari dan membatasi perkumpulan, serta jaga jarak.

Dalam kesempatan tersebut, juga diserahkan bantuan kepada masyarakat berupa sembako serta kelengkapan kebutuhan protokol kesehatan diantaranya tempat cuci tangan dan masker.