MENGENAL LEBIH DEKAT UST. HARMIN MURSALIM, SHI

Lain-lain

Penulis:Cipancur

Dikenal dengan nama Harmin adalah seorang anak dari ayah beliau bernama Salim dan ibu beliau adalah Suriah. Beliau lahir di Limboro pada tanggal 1 Maret 1979.

Masa Kecil dan Pertumbuhan

Beliau sejak kecil dikenal pintar dan cerdas, sebelum masuk sekolah MIM (Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyyah) di Limboro beliau sudah bisa membaca dan menghitung, karena beliau belajar dengan orang tuanya di rumah.

Saat masuk sekolah dan beliau duduk di kelas 1, beliau sering dipanggil oleh gurunya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di kelas 2 dan di kelas 3, sampai suatu ketika bibinya lewat di samping sekolah dan melihat orang-orang ramai menyaksikan beliau maju di depan para siswa, bibinya ikut menyaksikannya sedang berada di depan anak-anak sekolah kelas 2 lalu ke kelas 3, setiap pertanyaan yang diajukan kepadanya oleh guru-guru selalu beliau menjawabnya dengan benar.

Selama sekolah dari SD hingga perguruan tinggi, beliau selalu mendapat juara dan prestasi yang sangat memuaskan. 

Menjadi Mahasiswa yang Berprestasi 

Beliau kuliah di STAIN Ambon, saat kuliah beliau selalu aktif hingga meraih prestasi yang memuaskan, dan beliau mendapatkan beasiswa. Selama kuliah beliau mengumpulkan mahasiswa-mahasiswi dan siswa-siswi Limboro lalu mereka mendirikan organisasi yang dinamai IPMAL (Ikatan Pelajar Mahasiswa Limboro) dan beliau yang menjadi ketua, adapun wakilnya adalah Nurdin Abu Taher yang merupakan ipar beliau.

Mendalami Ilmu Agama di Pondok-pondok Pesantren

Beliau menyadari bahwa belajar di sekolah dan kuliah di STAIN belum mencukupinya untuk mendapatkan banyak ilmu agama, beliaupun sambil menuntut ilmu di Ma'had Abu Bakr Ash-Shiddiq Ambon, kemudian pada tahun 2003 beliau melanjutkan menuntut ilmu di Ma'had Minhajus Sunnah Magelang Jawa Tengah.

Menjadi Ustadz dan Muballigh 

Setelah beliau menuntut ilmu di Jawa, beliau memulai berdakwah di Jazirah Huamual, dengan sebab dakwahnya banyak yang bertauhid dan meninggalkan kesyirikan, banyak yang mengamalkan Sunnah dan meninggalkan bid'ah. Beliau memiliki banyak murid di Limboro dan sekitarnya. Di antara muridnya adalah Ustadz Abul Hasan Umair Al-Limbori, Syaikh Muhammad Al-Khidhir, Ustadz Abu Iyadh Said, Ustadz Nurdin Al-Bughisi, Ustadz Anas Abu Muhammad.

Selain berdakwah dengan berkhutbah, ceramah dan mengisi pengajian, beliau juga menulis buku dan kitab, di antaranya:

  1. Urgensi Tauhid.
  2. Menegakan Syari'at.
  3. Kitabut Tauhid.
  4. Hadits-hadits Populer.

Rujukan:

  1. Perjalanan Hidup Abul Abbas HARMIN Al-Limbori.
  2. Hadits-hadits Populer.
Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved