PB PMII Dibikin Kagum, PC PMII Banjarmasin 2023-2024 Diisi Para Sarjana dan Calon Magister

Daerah

PC PMII Kota Banjarmasin masa khidmat 2023-2024 dilantik, Sabtu (07/10/2023)

Penulis:Bearita.com

Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Kota Banjarmasin Masa Khidmat 2023-2024 dilantik di Balai Kota Banjarmasin, Sabtu (7/10/2023).

Banjarmasin, Bearita.com - Pelantikan dilakukan oleh PB PMII yang dalam hal ini diwakili Wasekjen PB PMII Bidang Penatataan Kota, Ramli Jauhari dan Ketua Bidang Hubungan Internasional Yanju Sahara. 

Disaksikan langsung oleh Mabinas PB PMII Rizqillah Suhaili dan Hj. Hilyah Aulia yang juga Anggota DPRD Kota Banjarmasin, Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor, dan Anggota DPRD Provinsi Suwardi Sarlan serta para alumni PMII. 

Ketua Bidang Hubungan Internasional Yanju Sahara dalam sambutannya mengapresiasi dan kagum PC PMII Kota Banjarmasin 2023-2024 karena diisi oleh kader yang rata-rata sudah sarjana, bahkan ada yang sedang menjalani pendidikan S2. 

"Ini menjadi catatan yang luarbiasa. Pengurus cabang diisi oleh kader yang rata-rata sudah sarjana, bahkan ada yang jalan S2. Namun ini juga menjadi tantangan ke depannya untuk bisa mempertahankan atau bahkan melebihi catatan tahun ini. Jika tahun ini ada yang S2, maka ke depan mestinya S3," ucapnya sambil tersenyum. 

Ketua PC PMII Kota Banjarmasin yang baru dilantik, Alfiannor Effendy mengatakan, pelantikan adalah tanda adanya amanah besar untuk terus menjaga nama besar PMII di Kota Seribu Sungai. 

"Oleh karena itu, kami akan melakukan langkah-langkah strategis dengan memperhatikan pesan PB PMII. Pertama, untuk memperkuat gerakan internal yakni kaderisasi dengan memperkuat kaderisasi berbasis fakultas. Gerakan eksternal, dengan selalu menjadi mitra perjuangan rakyat yang kemudian saya kira akan sangat memungkinkan kami menjadi mitra strategis maupun mitra kritis pemerintah," ucapnya. 

Namun demikian, Alfi mengharapkan ke depan PMII akan ita terus berkolaborasi dengan Pemerintahan terutama dalam soal sosial, yang meliputi tiga hal lingkungan, kesehatn dan pendidikan. 

"Masalah sosial di Kota Banjarmasin masih belum merata, jadi kami harus ikut andil dalam hal tersebut. Soal pendidikan ini masih banyak anak-anak yang belum merasakan menuntut ilmu. Jadi kami ingin membuat Rumah Belajar yang berkolaborasi dengan pemerintah,” ujarnya.

Di samping itu, dirinya menyampaikan ucapakan terimakasih kepada semua pihak yang membantu, terutama para jajaran alumni, mabinas, dan mabincab. Serta pihak sponsor diantaranya, Bank Kalsel, Yayasan Ukhuwah dan Kebab Bintang 9.

Sementara itu, Majelis Pembina Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (Mabincab PMII) Kota Banjarmasin Khairul Umam, mengatakan, apa yang menjadi program pengurus baru tentu wajib didukung, selama tak lepas dari visi-misi PMII. 

Era yang serba digital seperti sekarang ini, bagi Umam tugas PMII bertambah berat. Namun, ia percaya para pengurus PMII Banjarmasin mampu beradaptasi dan memproduksi ide-ide kreatif untuk menciptakan pola kaderisasi yang rekevan. Ia pun berharap kedepan bisa lebih aktif serta produktif.

“Tantangan kita kedepan adalah menghadapi bonus demografi peran pemuda sangat vital bagi kemajuan Bangsa kita Indonesia kedepan khusus nya Banjarmasin. Maka dari itu penting bagi PMII sebagai organisasi kaderisasi ini menjadi wadah untuk membentuk kader yang siap bersaing kedepan,” pungkasnya. 

Ia menambahkan, menjadi pemimpin dan tokoh publik maupun disiplin harus bisa mengembangkan dirinya kemudian dituangkan untuk kepentingan orang banyak.

Hal itu yang harus didorong, karena PMII pusat juga selaras dengan produktifitas terbentuknya kader yang dapat bersaing.

“Jangan sampai dengan adanya bonus demografi justru menurunkan kualitas,” tutupnya.

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved