3 Kenangan Yang Paling Membanggakan Bung Hatta Selama Masa Hidupnya

Bung Hatta

“Dalam hati kecilku aku menganggap kemerdekaan Indonesia itu sebagai hadiah jasaku sekian tahun lamanya untuk Kemerdekaan Indonesia” -Mohammad Hatta-

Kenangan Pertama adalah pada tanggal 12 Agustus Bung Hatta berulang tahun, dan 5 hari setelahnya tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia Menyatakan Kemerdekaannya.

Hal ini diungkapkan oleh putri pertama beliau Meutia Farida Hatta. 

Bagi Bung Hatta, kemerdekaan Indonesia merupakaan hadiah terindahnya, terutama saat beliau & Bung Karno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. 

Sebab bertahun-tahun beliau memberikan seluruh hidupnya untuk membela kepentingan rakyat Indonesia yang ditindas oleh bangsa lain, ia pun rela dipenjara di negeri Belanda dan bahkan di negerinya sendiri itu semua ia alami demi memperjuangkan kepentingan rakyat Indonesia.

Kenangan Kedua adalah ketika menerima penyerahan Kedaulatan dari Belanda ke Indonesia (Soevereiniteitsoverdracht aan Indonesié) 27 Desember 1949.

Bung Hatta tentu tidak akan pernah lupa momen itu, sebab merupakan suatu kebanggaan besar bagi Bung Hatta bisa duduk berdampingan dengan Ratu Juliana. karna saat itu Ratu pun yang menyerahkan sendiri kedaulatan Indonesia kepada Bung Hatta.

Kenangan Ketiga adalah saat beliau tahu nama beliau diabadikan di sebuah jalan di negeri Belanda. 

Pemerintah Belanda melalui Wali Kota RH. Claudius mengabadikan nama Bung Hatta di sebuah ruas jalan di kawasan Haarlem, dengan nama Mohammad Hatta (Mohammed Hattastraat). 

Ini dilakukan untuk menghormatinya sebagai tokoh pergerakan Indonesia yang pernah belajar di Belanda.

Terima kasih Bung.. sikap teladan & jasa mu akan selalu menjadi ilham bagi bangsa Indonesia ??