Musda KNPI Tapin Diharapkan Tidak Aklamasi dan Lahirkan Nahkoda Handal

Daerah

Muhammad Iqbal, Ketua Umum KM Tapin pertama (foto: istimewa)

Penulis:Bearita.com

DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tapin resmi akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) yang salah satu plenonya adalah mengenai pemilihan ketua umum di Juli mendatang.

Rantau, Bearita.com - Ketua Umum pertama Kerukunan Mahasiswa Tapin Kalimantan Selatan, Muhammad Iqbal mengatakan, KNPI adalah induk organisasi darinya pada pemilihan mendatang jangan sampai aklamasi dan harus melahirkan pemimpin yang berkomitmen.

"Sejauh diketahui dua periode ke belakang pemilihan ketua KNPI Tapin selalu aklamasi. Dalam proses pemilihan wajar-wajar saja aklamasi. Namun, tahun ini harapannya tidak lagi aklamasi agar bisa lebih selektif melahirkan pemimpin yang berkomitmen akan kemajuan seluruh pemuda di Kabupaten Tapin dengan adu gagasan," ujarnya melalui WhatsApp, Kamis (29/6/2023). 

Dia menambahkan, pemilihan ini harus bersifat demokratis, terbuka dan dipenuhi dengan industri serta produk gagasan. 

Tidak hanya OKP yang bernaung, namun pemuda secara keseluruhan harus mendapatkan informasi mengenai Musda KNPI, karena KNPI adalah representatif dari pemuda. 

"Oleh sebab itu, mari kita sama-sama mengawal agar proses musyawarah ini berjalan lancar dan tidak dirusak dengan hal-hal yang sifatnya melanggar persidangan nanti, mari mendoakan dapat melahirkan pemimpin yang bermanfaat dan terbaik di antara pemimpin yang baik," imbuh Iqbal. 

Di samping itu, alumni UIN Antasari itu mengingatkan bahwa sosok pemimpin KNPI Tapin ke depan harus memahami esensi bahwa KNPI adalah wadah perjuangan pemuda dalam kehidupan kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan. 

"Kapal besar memerlukan nahkoda handal di dalamnya, organisasi besar seperti KNPI ini perlu pemimpin yang kompeten di dalamnya agar cita-cita bersama tidak menjadi utopis belaka," tutup pria yang pernah menjabat sebagai Wapresma DEMA UIN Antasari Banjarmasin tersebut.

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved