7 Tanda Keuangan Anda Bermasalah, Segera Atasi.

illustrasi(pfimegalife.co.id)

Bukan hanya tubuh yang memiliki tanda-tanda buruk ketika dalam keadaan sakit, keuangan kita juga begitu. Nah, bagaimana mengetahui keadaan keuangan kita? Caranya mudah.

Bukan hanya tubuh yang memiliki tanda-tanda buruk ketika dalam keadaan sakit, keuangan kita juga begitu. Nah, bagaimana mengetahui keadaan keuangan kita? Caranya mudah.

Yang pasti, perlu melakukan pengelolaan uang dengan baik. Karena jika dikelola dengan terencana, keuangan pasti jauh dari masalah. Seandainya pun ada masalah bisa mudah dideteksi. 

Sebaliknya, jika tidak dikelola dengan baik, waspada dengan tujuh tanda keuangan bermasalah berikut ini

Uang Cepat Habis
Punya kebiasaan baru terima uang gaji, tapi uang sudah habis bahkan sebelum pertengahan bulan? Nah, ini salah satu tanda yang perlu diwaspadai.

Jangan sampai uang habis belanja ini-itu, tapi lupa dengan pengeluaran penting, seperti bayar utang dan biaya kebutuhan sehari-hari.

Untuk bisa mengelola uang dengan baik,anda harus bisa membagi pengeluaran agar uang cukup hingga akhir bulan. Kurangi atau hentikan pengeluaran yang tidak penting dan alihkan untuk kebutuhan yang lebih mendesak.

Kebutuhan Bulanan Tidak Tercukupi
Jika uang sudah habis bahkan belum pertengahan bulan, kemungkinan besar tidak bisa membiayai kebutuhan bulanan lainnya. Ini tanda yang tidak boleh diabaikan. Sebaiknya segera susun rencana untuk memperbaikinya.

Salah satunya, usahakan di bulan berikutnya, dana untuk kebutuhan wajib, seperti biaya transportasi, makan, listrik, dan air sudah dipisahkan sejak awal bulan. Lalu, bagi kembali uang untuk kebutuhan gaya hidup, seperti uang untuk berkumpul dengan teman atau membeli peralatan make-up.

Tidak Tahu Total Pengeluaran
Pernah merasa, sering belanja, tapi tidak tahu untuk apa saja uang dibelanjakan? Itu artinya anda sendiri tidak menyadari semua pengeluaran dalam satu bulan. Jika sudah begini, penggunaan uang bisa tidak terkendali.

Kita perlu perlu memperbaikinya dengan cara mencatat pengeluaran harian, bulanan, bahkan pengeluaran mendadak atau mendesak yang bisa saja terjadi. Cobalah mendata pengeluaran selama ini dan latih diri untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih hemat.

Memiliki Utang Lebih Banyak daripada Pendapatan
punya utang? Meski tidak dilarang, sebaiknya nilai utang yang dimiliki tidak melebihi pemasukan bulanan. Kenapa? Karena, keuangan pribadi tidak akan memiliki kondisi yang baik jika nilai utang melebihi gaji bulanan.

Bayangkan, bagaimana bisa menyimpan uang untuk masa depan jika uang sudah habis untuk membayar tagihan dan cicilan? Jadi, usahakan agar nilai utang tidak melebihi 30 persen dari gaji. Usahakan pula memiliki utang baik dan bukannya utang buruk.

Tidak Memiliki Tabungan
Keuangan bisa dibilang tidak dalam keadaan yang terbaik jika masih belum bisa menabung walau sedikit. Memiliki tabungan bisa berguna untuk keadaan apa pun, terutama ketika berada dalam keadaan yang mendesak atau darurat.

Meski tidak merasakan manfaat tabungan saat ini, memiliki tabungan tidak pernah membuat rugi. Jadi, kendalikan pengeluaran, mulailah gaya hidup hemat, dan sisakan lebih banyak uang untuk ditabung.

Selalu Telat Bayar Utang
Telat bayar utang juga merupakan tanda kondisi keuangan yang memburuk. Bukan hanya memiliki nilai utang yang sudah di luar batas kesanggupan, melainkan juga kehilangan kemampuan untuk membayarnya.

Nah, untuk yang belum atau sudah mendekati tahap ini, sebaiknya berhenti membuat utang baru dan fokus membayar utang yang ada. Kendalikan pengeluaran dan jika perlu hentikan belanja yang tidak terlalu penting agar utang bisa segera lunas

Terjadi Setiap Bulan
Masalah keuangan, seperti gaji habis sebelum akhir bulan, mengeluarkan uang tanpa banyak berpikir, atau utang bertambah banyak, sudah seharusnya membuat kamu khawatir. Apalagi jika tidak terjadi sekali atau dua kali lagi, tapi hampir setiap bulan. 

Keadaan seperti itu membuat anda tidak bisa merencanakan keuangan untuk masa depan. Keuangan untuk setiap bulannya bisa berantakan. Jika mengabaikan situasi ini dan terus menghabiskan uang, kamu bisa berada dalam keadaan yang sangat sulit.

Jadi, sebelum situasi bertambah buruk, segera cek keuangan dan lakukan perbaikan. Jika ada utang, fokuskan pengeluaran untuk melunasinya terlebih dahulu. Hentikan pengeluaran yang tidak penting dan berhemat.