FDM HST Gelar FGD Soal Partisipasi Milenial dalam Menyongsong Pesta Demokrasi 2024

Daerah

FDM HST Gelar FGD bersama perwakilan OKP di HST (foto: istimewa)

Penulis:Bearita.com

Forum Demokrasi Milenial (FDM) Hulu Sungai Tengah nenggelar Focus Group Discussion (FDM) dengan tema "Partisipasi Milenial dalam Menyongsong Pesta Demokrasi 2024" di Aula Gedung PCNU HST, Kamis (13/4/2023) sore.

Barabai, Bearita.com - Acara yang dirangkai dengan bagi takjil dan buka bersama ini melibatkan puluhan pemuda dari berbagai organisasi kepemudaan di HST, yakni PMII, HMI, Pepelingasih, Barabai Muda, Nanang Galuh, Putra-Putri Pariwisata, IPNU-IPPNU dan IPM. 

Adapun narasumber pada kegiatan ini yakni Komisioner Bawaslu HST, Yusran dan Koordinator Wilayah DPW FDM Kalsel, Arbani. 

Kordinator Daerah FDM HST, Nor Habibah Rahmah mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda pertama FDM HST yang baru saja terbentuk. Tujuannya untuk mengenalkan FDM pada kalangan organisasi kepemudaan di HST. 

"Sekaligus juga mengajak mereka untuk saling berkolaborasi dalam keberlangsungan demokrasi, khususnya menjelang pemilu serentak 2024," ucapnya usai kegiatan. 

Habibah menjelaskan, selain menggelar kegiatan FGD, ke depan mereka juga akan fokus pada upaya-upaya meningkatkan pemahaman dan kepedulian kalangan anak muda terhadap isi demokrasi.

"Yang tak kalah pentingnya FDM siap berperan aktif mensukseskan Pemilu 2024 yang akan datang, diantaranya dengan memberikan pemahaman kepada pemilih pemula atau millenial untuk dapat menggunakan hak pilihnya dengan cerdas, karena satu suara sangat menentukan nasib bangsa, jadi tidak golput pada Pemilu 2024. Dan juga perbedaan pilihan tidak menjadi pemicu konflik, saling mencaci dan menyebarkan berita-berita yang tidak benar (hoax) yang justru dapat menimbulkan perpecahan bangsa," kata Habibah. 

Selain itu, lanjutnya, FDM juga akan menjalankan tugas melakukan pemantauan secara independen terhadap tahapan-tahapan pemilu mengingat organisasi ini telah terdaftar sebagai lembaga pemantau pemilu di Bawaslu RI. 

"Tentu dalam menjalankan tugas ini, kami sangat merasa perlu berkolaborasi dengan kalangan pemuda di HST. Oleh karenanya kami sangat terbuka untuk berkolaborasi dalam mengawal proses demokrasi yang sedang berjalan," pungkasnya. 

Sementara itu, Komisioner Bawaslu HST Yusran pada saat mengisi acara mengatakan, mrnyambut baik dan mendukung keberadaan FDM di HST yang konsen dalam isu kepemiluan. 

"FDM menjadi mitra strategis Bawaslu HST dalam proses pemilu mendatang, terutama dalam mengajak kalangan milenial dalam melakukan pengawasan parstisipatif. Mengingat lembaga ini merupakan salah satu lembaga pemantau pemilu independen," ucapnya. 

Dia menambahkan, tidak menutup kemungkinan sebagai bentuk dukungan pihaknya nanti akan melibatkan FDM dalam kegiatan-kegiatan di Bawaslu HST.

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved