Darimana Sumber Pendapatan Raja di Zaman Modern ini?

Lain-lain

Raja Thailand, Vajiralongkorn. Sumber gambar: Financial Times

Penulis:Bearita.com

Keluarga kerajaan terkenal memiliki gaya hidup yang mewah dengan protokol yang ketat. Pertanyaan yang muncul adalah, darimana sumber pendapatan mereka di zaman modern seperti sekarang?

Kita ambil contoh Raja Thailand mendapatkan pendapatan dari:

  1. Pajak yang dibayar rakyat ke pemerintah Thailand. Pemerintah mengalokasikan dana sekitar USD 1.3 milyar untuk budget kerajaan pada tahun 2020.
  2. Aset kerajaan seperti tanah dan real estate. Kerajaan Thailand memiliki sekitar 40.000 kontrak rental seperti perumahan, mall-mall, gedung perkantoran, dan lainnya. Real estate tersebut memiliki luas sebesar 6.560 hektar, sekitar 1.328 hektar berasal dari Bangkok. Aset real estate ini terus naik sehingga harta kekayaan Raja terus berlimpah.
  3. Aset seperti mahkota, perhiasan, dan baju kerajaan yang nilainya tidak terhingga. Diamond, emas, dan perhiasan ini turun temurun sehingga semakin langka dan semakin mahal.

Maka dari itu beruntunglah kita setidaknya di Indonesia bisa membeli Tanah atas nama kita. Di Thailand, kamu yang bayar untuk beli tanah tapi namanya tetap milik Raja.

“You don’t really own the land, it still belongs to the king.”

Kata Kanyanatt Kalfagannis, seorang aktivis Thailand yang tinggal di Sydney.

Raja juga tidak seharusnya mengelola hartanya sendiri, karena sebagian dari kekayaan Raja adalah pajak yang dibayar oleh rakyat.

"Millions of families are struggling so how can we give our taxpayers' money to just one family to spend luxuriously?"

Kata Parit Chirawak, seorang aktivis Thailand.

Meskipun dibayar dari pajak rakyatnya dan memiliki banyak aset, Raja Thailand masih tidak ada apa-apanya dibandingkan Raja Arab.

Sepertinya kebanyakan Raja di negara-negara lain juga di zaman modern ini mendapatkan pendapatan dari Pajak yang dibayar rakyat, Aset dari negaranya, dan investasi yang dilakukan pengelola keuangan kerajaan.

sumber

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved