4 Tahun Saloth Sar alias Pol Pot Berkuasa Berhasil Membantau 2 Juta Orang

Sejarah

Pol Pot

Penulis:Bearita.com

Pria kelahiran Prek Sbauv, Indochina Prancis pada 19 Mei 1925 ini dikenal sebagai salah satu pemimpin negara paling kejam di dunia.

Pada April 1975, Khmer Merah atau Khmer Rouge (memiliki basis para petani) yang kala itu dipimpin Pol Pot berhasil menggulingkan kekuasaan Pangeran Shihanouk dan Jendral Lon Nol.

Setelah Kamboja menjadi Republik Komunis dengan nama Kamboja Demokratis atau Democratic Kampuchea, Khieu Samphan menduduki kursi sebagai Presiden pertama. Lalu pada tanggal 13 Mei 1976, Pol Pot dilantik sebagai Perdana Menteri Kamboja.

Di bawah kekuasaan Khmer Merah, Pol Pot berupaya membawa Kamboja kembali ke abad pertengahan. Dengan cara memaksa rakyat dari perkotaan untuk bekerja pada pertanian komunal di pedesaan.

Lalu mereka dipaksa untuk hidup bersama di ladang-ladang yang ada. Pol Pot tak segan membunuh siapapun yang bersebrangan dengan ide dan langkah politiknya.

Para intelektual dan biksu yang dianggap tidak sejalan dengan doktrinnya disiksa lalu dibunuh. Cara mengeksekusi-nya pun terkenal sangat kejam. Pacul dan kantong plastik untuk membekap kepala 'lawan' menjadi alat eksekusinya.

Baginya, "Cut the grass must dig the root also" yups, potong rumput harus sekalian gali akarnya juga.

Meskipun masa pemerintahan Pol Pot hanya sebentar saja (1975–1979), namun rezim ini tercatat sebagai fase paling berdarah di Asia Tenggara. Karena diperkirakan merenggut nyawa sekitar dua juta orang (hampir seperempat dari populasi bangsanya)

Para korban kemudian dikubur secara massal di wilayah Choen Ek. Untuk kemudian tempat itu dinamai sebagai ladang kematian atau "Killing Field"



Ribuan tengkorak korban yang tersimpan di Menara Stupa memorial Killing Fields.

Ya, meski pria dengan senyum khas itu telah tiada, namun jejak kekejamannya tak akan pernah terhapus sampai kapanpun di ingatan rakyat Kamboja.

sumber: quora

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved