Segerakan Dalam Beramal Selagi Masih Diberikan Kesempatan

Religi

Ilustrasi

Penulis:Bearita.com

Terkadang kita suka menunda-nunda saat ada keinginan untuk beramal, tahukan Anda bahwa ada 7 perkara yang dapat menyulitkan kita untuk beramal.

السَّابِعُ: عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: ((بَادِرُوا بِالأَعْمَالِ سَبْعًا، هَلْ تَنْتَظِرُونَ إلا فَقرًا مُنسيًا، أَوْ غِنىً مُطغِيًا، أَوْ مَرَضًا مُفسِدًا، أَوْ هَرَمًا مُفْندًا، أَوْ مَوتًا مُجْهزًا، أَوْ الدَّجَّالَ فَشَرُّ غَائِبٍ يُنْتَظَرُ، أَوْ السَّاعَةَ فالسَّاعَةُ أدهَى وَأَمَرُّ)). رواه الترمذي، وَقالَ: (حديث حسن). 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, 

“Segeralah beramal sebelum kedatangan tujuh hal, tidaklah kalian menunggu selain kefakiran yang membuat lupa; kekayaan yang melampaui batas; penyakit yang merusak; masa tua saat pikun; kematian yang menyergap tiba-tiba; Dajjal, seburuk-buruk hal gaib yang dinanti; kiamat, dan kiamat itu sangat membawa petaka dan sangat pahit.” 

H.R. At-Tirmidzi [2306] dan beliau berkata, “Hadits ini hasan.” 
_______________
Petuah yang menyentuh dari Syaikh al-‘Utsaimin ketika menjelaskan hadits di atas, 

“Inilah tujuh hal yang diperingatkan oleh Nabi Muhammad ﷺ. Beliau memerintah kita agar bersegera dalam beramal sebelum datangnya tujuh perkara tersebut. 

Bersegeralah-wahai saudaraku- melaksanakan amal shalih sebelum kesempatan hilang! Engkau kini masih dalam kondisi bersemangat, kuat, dan mampu. Kelak, mungkin saja datang waktu ketika engkau tidak lagi sanggup melaksanakan amalan. Maka bersegera dan biasakanlah dirimu! 

Jika engkau membiasakan diri untuk melakukan amal shalih, maka akan menjadi mudah dan ringan. Tetapi, jika engkau membiasakan diri untuk malas dan menunda-nunda, maka menjadi semakin berat untuk beribadah. 

Kita memohon kepada Allah agar menolongku dan kalian untuk berdzikir, bersyukur, dan memperbaiki ibadah kepada-Nya.” (Syarah Riyadhus Shalihin, 1/602)

Ust. Hari Ahadi

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved