Viral! Video Penjelasan Rektor UIN Antasari tentang Orang yang Buta Huruf di Masa Depan

Rektor UIN Antasari saat memberikan sambutan pada Stadium General TA 2020/2021 UIN Antasari, Senin (07/09).

Bearita.com, Banjarmasin-Potongan video yang menampilkan wajah Rektor UIN Antasari Banjarmasin, Prof. Dr. H. Mujiburrahman, M.A. pada saat memberikan sambutan Stadium General daring tahun akademik 2020/2021 mendadak ramai dibagikan mahasiswa UIN Antasari di status media sosial WhatsApp, Senin (07/09). 

Video berdurasi sekitar 15 detik itu telah dilengkapi backsound dan narasi tertulis setiap kalimat yang diucapkan Prof. Mujib.

Pada potongan video itu, Prof. Mujib berbicara tentang orang yang buta huruf di masa depan dengan mengutip pernyataan Alfin Tofler. 

"Orang yang buta huruf di masa depan  itu bukanlah orang yang tidak pandai membaca dan menulis, tetapi orang yang tidak mau belajar kembali; tidak bisa melupakan pelajaran yang tidak berguna, dan tidak mau mempelajari sesuatu yang baru," ucap Prof. Mujib menerjemahkan pernyataan berbahasa Inggris Alfin Tofler. 

Iffah, salah satu mahasiswa UIN Antasari yang turut membagikan video tersebut mengungkapkan alasannya. Menurutnya, pada kalimat yang disampaikan rektornya tersebut mengandung motivasi. 

"Karena dalam kalimat sidin ada motiavsi. Sekarang banyak orang merasa tahu, jadi malas belajar. Atau belum tahu, tapi kdd (tidak ada) usaha untuk tahu," ungkap mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab ini.