Thomas Sankara Si Robin Hood dari Burkina Faso - Afrika

Global

Thomas Sankara, mantan Presiden Burkina Faso

Penulis:Bearita.com

Dia sering disebut sebagai "Robin Hood dari Afrika" oleh penggemarnya yang melihatnya sebagai sosok karismatik dan legendaris di negaranya, Burkina Faso.

Apa saja yang dilakukan oleh sang mantan Presiden dari negara Burkina Faso ini? Berikut beberapa-nya:

  1. Dia memvaksinasi 2,5 juta anak terhadap meningitis, demam kuning dan campak dalam hitungan minggu.
  2. Dia memprakarsai kampanye keaksaraan nasional, meningkatkan tingkat melek huruf dari 13% pada tahun 1983 menjadi 73% pada tahun 1987.
  3. Dia menanam lebih dari 10 juta pohon untuk mencegah meluasnya gurun.
  4. Dia membangun jalan dan rel kereta api untuk menyatukan bangsa, tanpa bantuan asing
  5. Dia mengangkat perempuan ke posisi pemerintahan yang tinggi, mendorong mereka untuk bekerja, merekrut mereka ke dalam militer, dan memberikan cuti hamil selama pendidikan.
  6. Dia melarang mutilasi alat kelamin perempuan, pernikahan paksa dan poligami untuk mendukung hak-hak perempuan
  7. Dia menjual armada mobil Mercedes pemerintah dan menjadikan Renault 5 (mobil termurah yang dijual di Burkina Faso saat itu) sebagai mobil dinas para menteri.
  8. Dia mengurangi gaji semua pegawai negeri, termasuk pegawainya sendiri, dan melarang penggunaan sopir pemerintah dan tiket pesawat kelas satu.
  9. Dia mendistribusikan kembali tanah dari tuan tanah feodal dan memberikannya langsung kepada para petani. Produksi gandum naik dalam tiga tahun dari 1.700 kg per hektar menjadi 3.800 kg per hektar, menjadikan negara swasembada pangan.
  10. Dia menentang bantuan asing, dengan mengatakan bahwa "orang yang memberi makan Anda, mengendalikan Anda."
  11. Dia berbicara di forum seperti Organisasi Persatuan Afrika menentang penetrasi neo-kolonialis yang terus berlanjut di Afrika melalui perdagangan dan keuangan Barat.
  12. Dia menyerukan front persatuan negara-negara Afrika untuk menolak utang luar negeri mereka. Dia berpendapat bahwa orang miskin dan diekploitasi tidak memiliki kewajiban untuk membayar kembali uang kepada orang kaya dan mengeksploitasi
  13. Di Ouagadougou, Sankara mengubah toko persediaan tentara menjadi supermarket milik negara yang terbuka untuk semua orang (supermarket pertama di negara ini).
  14. Dia memaksa pegawai negeri untuk membayar gaji satu bulan untuk proyek-proyek publik.
  15. Dia menolak menggunakan AC di kantornya dengan alasan kemewahan seperti itu tidak tersedia bagi siapa pun kecuali segelintir orang Burkina.
  16. Sebagai Presiden, dia menurunkan gajinya menjadi $450 sebulan dan membatasi kepemilikannya hanya pada mobil, empat sepeda, tiga gitar, lemari es, dan freezer yang rusak.
  17. Mengendarai motor sendiri, ia membentuk pengawal pribadi sepeda motor khusus wanita.
  18. Dia meminta pegawai negeri untuk mengenakan tunik tradisional, ditenun dari kapas Burkinabe dan dijahit oleh pengrajin Burkinabe. (Alasannya lebih mengandalkan industri dan identitas lokal daripada industri dan identitas asing)
  19. Ketika ditanya mengapa dia tidak ingin potretnya digantung di tempat umum, seperti norma para pemimpin Afrika lainnya, Sankara menjawab "Ada tujuh juta foto Thomas Sankara."
  20. Seorang gitaris ulung, dia menulis lagu kebangsaan yang baru sendiri.
Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved