Viral! Saat Wabup Tala Abdi Rahman Membantu Warganya, Adabnya Jadi Sorotan

Daerah

Saat Wabup Tala Abdi Rahman mencium tangan pemilik rumah tidak layak huni. (Foto: istimewa)

Penulis:Bearita.com

Wakil Bupati Tanah Laut Abdi Rahman menjadi sorotan lantaran membantu hunian warganya yang tidak layak sembari meminta maaf.

Bearita.com, Pelaihari - Aktivitas Wakil Bupati (Wabup) Tanah Laut (Tala) Abdi Rahman kembali menuai perhatian warganet. Aktivitasnya itu dibagikan di akun Tiktok pribadinya @abdi.rahman2

Kala itu, dirinya meninjau salah satu rumah warga yang tidak layak huni di Desa Handil Negara, Kecamatan Kurau, bersama Kapolres Tala, Dandim Tala, Camat dan Kepala Desa setempat.

Hingga berita ini ditulis, video tersebut telah ditonton lebih dari 1 juta kali dengan komentar lebih dari 2 ribu.

"Beberapa hari lalu uln mendapat laporan di media sosial bahwa ada rumah tidak layak huni (rutilahu) milik keluarga Isnawati di Desa Handil Negara, Kecamatan Kurau, menindaklanjuti hal tersebut uln berdiskusi dengan Kapolres Tanah Laut untuk membuatkan rumah baru untuk keluarga Isnawati." tulis Abdi Rahman dalam caption.

Rumah warga yang ia kunjungi tersebut memang terbilang tidak layak huni. Halamannya penuh dengan genangan air. Untuk bisa memasuki rumah mau tidak mau kaki harus rela basah hingga lutut.

Begitu pula Abdi Rahman. Wabup yang terbilang aktif di media sosial ini diharuskan melalui genangan air untuk bisa memasuki rumah. Meski demikian, dirinya tampak tidak sungkan terjun ke genangan air demi melihat langsung kondisi rumah warganya.

Bahkan dia juga meminta agar camat dan kades untuk turut mendampingi agar bisa merasakan apa yang dirasakan warganya tersebut.

Setelah memasuki rumah, wajah Wabup tampak sedih dan merasa bersalah. Sambil mengelilingi dan melihat kondisi sudut-sudut rumah. Dia bahkan memohon ampun kepada Tuhan atas kenyataan tersebut.

"Ya Allah Ampuni dosa kami ya Allah," ucap Wabup sambil mengelus dada.

Dia kemudian berdialog dengan keluarga pemilik rumah. Dengan penuh haru Abdi Rahman menjelaskan, mendapat laporan dari medsos mengenai rumah mereka yang dirasa tidak layak huni. Dia pun bergegas untuk mengunjungi dan mencarikan solusi.

Dia juga mengakui bahwa pihaknya telah lalai akan hal ini. Dia pun memohon maaf atas nama jabatan dan pemerintah daerah atas kelalaian tersebut, sembari kemudian mencium tangan keluarga pemilik rumah, menunjukkan adab kepada orang yang lebih tua.

Pemilik rumah tampak sangat terharu mendapat perhatian dari Wabup. "Teharu ulun pak," ucap pemilik rumah sambil terisak menahan air mata.

Terakhir, dalam video tampak Wabup bersama warga memanjatkan doa dan memasang tiang pertama untuk membangunkan rumah baru untuk warga tersebut.

Tak ayal, apa yang dilakukan sang Wabup menuai perhatian dari warganet. Pujian, doa hingga ungkapan rasa haru atas kepedulian dan adabnya mengalir deras di kolom komentar tiktok-nya.

"Baru ini ada pejabat yang tidak tau ada warganya yang kondisinya memprihatinkan minta maaf pada warganya dan memohon maaf kepada Allah Subhanahu wata'ala." tulis @JackalZa

"Ini pemimpin bagus yang selalu minta maaf kepada masyarakatnya yang susah dan telat bantu," kata @Borin80

"Keliatan banget, dari wajahnya, orangnya tegas dan baik. Sangat2 ikhlas membantu orang2 dalam kesusahan. Semoga sehat selalu ya pak." tulis @adiles44

"Masyaallah pak terharu uln melihatnya. Kebaikan pian (Anda) peduli wan (dengan) masyarakat yg tak mampu. Pertahankan lah pak." puji @Ameliamunawwir.

"Salut pak uln lawan Pian, mudahan setiap langkah Pian selalu diberikan kemudahan lawan Allah SWT." Tulis @AyahSyakila

"Nah...ini yg namanya pejabat sebenarnya, masyarakat bawah perlu diperhatikan." kata @syaa

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved