Peringatan Hari Santri 2022, Ibnu Sina: Resolusi Jihad Merupakan Kebangkitan Bangsa

Daerah

Pelapasan peserta kirab 1000 santri oleh Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina.

Penulis:Bearita.com

Apel dan kirab 1000 santri dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2022.

Bearita.com, Banjarmasin - Dalam rangka Hari Santri Nasional tahun 2022 Pemko Banjarmasin menggelar apel hari santri dan kirab 1000 santri di halaman Balaikota Banjarmasin.

Apel yang dipimpin Walikota Banjarmasin Ibnu Sina ini turut diikuti sebanyak kurang lebih 750 orang santri dari seluruh penjuru kota berjuluk Seribu Sungai.

Ibnu Sina pun mengatakan bahwa dengan hadirnya ratusan santri di Balaikota Banjarmasin ini bisa membuat para santri turut merasakan suka cita peringatan hari santri ini.

“Resolusi jihad merupakan kebangkitan bagi bangsa Indonesia, momentum kemerdekaan bahkan, yang membangkitkan pertempuran yang sangat dahysat,” ungkapnya, usai apel hari santri nasional tahun 2022, Selasa (8/11/2022).

“Itu merupakan momentum yang harus kita kenang sebagai bagian dari fragment kebangsaan kita. Karena dari awal para santri ini, yang dari pondok pesantren, para kiai para ustadz kita. Sebelum merebut kemerdekaan pun mereka sudah berjuang,” sambungnya.

Ia pun berpesan kepada para santri agar kedepannya para santri ini tidak hanya sekadar ingin menjadi seorang guru atau hanya tau ilmu agama saja.

“Santri itu multi talent, semua bisa ia lakukan. Oleh karenanya, dengan adanya hari santri Nasional ini adalah momentum kita untuk terus mengawal bahwa santri menjaga NKRI, bahwa santri santri harus tetap berbuat untuk bangsa dan negara,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kirab Akbar 1000 Santri, Aldi Fachrisaldi Putera, yang juga merupakan tokoh Pemuda Nahdlatul Ulama (NU), mengatakan bahwa kegiatan yang diawali apel dan dan selanjutnya kirab santri 

“Alhamdulillah hari ini bisa berhadir sekitar 750 santri kita dari seluruh kota Banjarmasin, untuk meramaikan dan menyemarakan kegiatan santri,” ucapnya.

Alhamdulillah juga kami ucapkan terimakasih banyak kepada bank Kalsel yang telah memberikan bantuan dan support untuk memeriahkan peringatan hari santri nasional yang dilaksanakan di Banjarmasin dengan tema berdaya menjaga martabat kemanusiaan

“Tentunya ini hari santri ini merupakan perjuangan para santri masa kini untuk tetap eksis dalam mengisi ruang-ruang publik. Dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang telah diperjuangkan oleh kaum-kaum santri, Kiai dan Pesantren,” pungkasnya

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved