Founder Gojek "Nadiem Makarim" Ternyata Tidak Bisa Menulis Program Komputer

Lain-lain

Nadiem Makarim

Penulis:Bearita.com

Apakah Nadiem Makarim menguasai bahasa pemrograman?

Jawabannya "Tidak", Mas Nadiem seingat saya tidak bisa menulis kode, tapi memahami bagaimana cara kerjanya. Algoritma dan Critical Thinking-lah yang dimiliki Mas Nadiem.

Saat wawancara talk show "Gita Wirjawan Sits Down with Nadiem Makarim: Do We Need to Learn How to Code?".

Startup berdiri tidak selalu semua founder-nya bisa bahasa pemrograman. Namun, perlu kemampuan untuk mengerti cara kerja sebuah kode, algoritma dan memiliki cara berpikir kritis untuk bisa menyelesaikan masalah dan solusi tersebut bisa direalisasikan.

Di awal-awal Gojek juga menggunakan tenaga outsourcing/freelance dari luar perusahaan untuk membangun Gojek.

Kalau tidak salah, Steve Jobs juga tidak bisa melakukan koding. Ada beberapa founder yang memang tidak bisa koding. Tapi ya perlu diingat, mereka paham/mengerti cara kerja koding tersebut.

Sebenarnya, startup founder ada baiknya tahu cara kode. Minimal Hello World sehingga bisa memiliki komunikasi yang baik dengan CTO-nya atau pemahaman desain yang cukup agar memiliki komunikasi yang baik dengan desainernya. Makanya, ada plesetan, Chief of Everything-kan?

Kalau memang benar-benar tidak bisa dan tidak mau belajar koding, carilah CTO yang bisa melindungi bagian dari apa yang tidak kamu bisa atau sangat ahli dengan koding. Ibaratnya, kamu menjadi Steve Jobs dan CTO-mu menjadi seorang Steve Wozniak.

Kamu punya ide-ide, kamu diskusikan dengan CTO. Ternyata mampu direaliasikan, dan CTO-mu bakal menuliskan kode untukmu. Itu tidak masalah. Tapi, kalau kamu belum menemukannya ya belajar aja sendiri.

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved