Polemik Hutan Adat Kinipan Masih Belum Tuntas

Daerah

Bongkahan kayu hutan Kalimantan

Penulis:Bearita.com

Beberapa waktu lalu dunia maya sedang di hebohkan oleh penangkapan ketua adat Kinipan "Effendi Buhing" oleh Polda Kalimantan Tengah.

Setelah menuai protes keras, akhirnya "Effendi Buhing" dibebaskan.

Beberapa hari lalu sempat diundang ke acara Mata Najwa dan diangkat dengan judul "Hukuman Suka-Suka - Effendi Buhing: Hati Saya Sakit, Seperti Dianggap Teroris".

Di media sosial juga banyak pemerhati lingkungan yang mencurahkan isi hatinya. Salah satunya adalah akun komunitas Save Kinipan menulis .

Untuk dapat  pohon ulin sebesar ini membutuhkan waktu hingga ratusan tahun dan ini ada banyak di desa Kinipan, tapi perusahaan sawit dengan mudah menebangnya. Masyarakat yang tumbuh dan berkembang bersama pepohonan dan hutan itu di tangkap karena dituduh mencuri gergaji mesin yang digunakan untuk menebang pohon-pohon peninggalan leluhur kami. Parahnya sebuah Gegaji mesin itu hanya seharga 2 ekor babi hasil buruan kami dihutan Kinipan, untuk apa kami mencuri. 

Bapak-bapak yang terhormat jangan matikan logika dan hati.

Jika ini hanya tentang uang dan mencuri sensaw kami tak butuh mempertahankan hutan kami, harga satu batang ulin mampu membeli 1 buah mobil, jika kami serakah sudah sejak lama hutan Kinipan ini hilang dan berganti rumah-rumah megah dan mobil-mobil mewah.

Nyatanya tidak Pak, nyatanya kami masih berladang di hutan itu, nyatanya kami masih menggunakan perahu keladang, nyatanya kami masih tinggal di rumah kayu dan kalian dengan mudahnya menangkap masyarakat kami karena sebuah gergaji mesin yang dituduhkan oleh perusahaan di curi oleh masyarakat Kinipan. Bukankah bapak melihat kayu-kayu di hutan kami tumbang dan menghilang entah kemana ? entah berapa harganya ? dan entah kemana uangnya ?. Bukankah mereka yang mencuri  hutan kami Pak, mencuri setiap pohon-pohon kami bahkan mencuri tanah kami pak.

Bapak-bapak yang terhormat jangan matikan logika dan hati.

img

img

 

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved