Polri Sebut Hasil Sidang Kode Etik Sambo Adalah Final dan Mengikat

Hukum

Sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) Banding Ferdy Sambo

Penulis:Bearita.com

Kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J) kian menjadi sorotan masyarakat.

Usai meminta izin melakukan banding, kini netizen menunggu hasil sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) Banding.

Sebagai informasi, Ferdy Sambo mengajukan banding atas putusan sidang KKEP yang memecat dirinya, serta tersangka terkait obstruction of justice (menghalangi penyidikan Brigadir J).

Pemecatan atau pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) Sambo diputuskan karena ia terbukti menjadi tersangka kasus pembunuhan berencana ajudannya, yakni Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Sidang KEPP terhadap Ferdy Sambo sendiri digelar pada 25-26 Agustus 2022 lalu.

"Mohon izin, sesuai dengan Pasal 29 PP 7 Tahun 2022, izinkan kami mengajukan banding, apa pun keputusan banding kami siap untuk laksanakan," kata Sambo usai putusan sidang KKEP di Mabes Polri, Jakarta, 26 Agustus 2022.

Lantas, bagaimana hasil sidang KEPP banding jenderal bintang dua tersebut?

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menegaskan bahwa hasil keputusan sidang KKEP Banding terhadap Mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Irjen Ferdy Sambo akan bersifat final dan mengikat.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menjelaskan, Ferdy Sambo tidak lagi bisa melakukan upaya hukum lain atas hasil keputusan KKEP PK.

“Tidak ada (Kasasi dan Peninjauan Kembali). Banding ini sifatnya final dan mengikat, sudah tidak ada lagi upaya hukum, ini upaya hukum yang terakhir,” jelas Dedi di Lobi Gedung TNCC, Mabes Polri, Jakarta, Senin (19/9/2022).

Dedi menegaskan, sidang KKEP Banding ini merupakan komitmen Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo agar proses pelaksanaan sidang etik terhadap Sambo terang benderang.

Menurutnya, sidang banding akan dipimpin perwira polisi bintang tiga atau Komisaris Jenderal (Komjen).

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved