Apakah yang Dimaksud Dengan Negara ‘fatherland’ dan ‘motherland’?

Pendidikan

Peta dunia

Penulis:Bearita.com

Secara harfiah istilah Fatherland dan Motherland memiliki arti yang sama yaitu “tanah air”, tetapi keduanya memiliki perbedaan jika ditelisik dari sudut pandang budaya, sejarah dan tradisinya.

Negara-negara bekas wilayah Empirium Romawi biasanya menggunakan istilah Fatherland untuk mempersonifikasikan tanah air mereka secara maskulin, misalnya Jerman.

Sejak masa pemerintahan Nazi, istilah Fatherland digunakan sebagai propaganda untuk daya tarik nasionalisme ketika membuat referensi Jerman sebagai sebuah negara yang mengarah kepada hukum dan ketertiban.

Sebaliknya, negara yang mempersonifikasikan tanah air mereka secara feminim kita ambil sebagai contoh negara kita sendiri, Indonesia. Indonesia sering disebut sebagai Ibu Pertiwi.

Ibu pertiwi merupakan perwujudan tanah air atau personifikasi nasional Indonesia. Sejak masa prasejarah, berbagai suku bangsa di kepulauan Nusantara sudah menghormati roh alam, mereka mengibaratkan alam sebagai ibu yang melahirkan kehidupan di negeri ini.

Hal ini sejalan dengan konsep "Motherland" yang dianut oleh banyak Negara, tanah air sebagai tanah kelahiran dan kita dilahirkan oleh seorang Ibu.

Singkatnya, Fatherland mengarah kepada pemerintah akan politik, hukum dan ketertiban. Motherland berkonotasi kelahiran dan pemeliharaan.

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved