Memanfaatkan UMR Luar Negeri, Siapa Mau Gaji 30 Juta Gak Perlu Ngantor Tiap Hari?

Tips

Ilustrasi

Penulis:Bearita.com

Era digital membuat segala sesuatu menjadi mungkin. Salah satunya adalah jenis pekerjaan yang lebih beragam.

Tahukah kalian kalau ternyata UMR tiap daerah itu beda-beda? Atau bahkan tiap negara itu bisa sangat berbeda.

Apa itu UMR?

UMR adalah Upah Minimum Regional atau gaji rata-rata pekerja di suatu daerah. Misalnya UMR Jogja sekarang sekitar 2juta per bulan, jadi seorang karyawan bekerja di sebuah kantor atau pabrik, gaji yang mereka dapatkan minimal adalah 2juta.

UMR biasanya dihitung dari kebutuhan hidup di daerah tersebut. Jadi semakin tinggi UMR biasanya pasti berbanding lurus dengan pengeluaran yang dikeluarkan untuk kebutuhan hidup.

Gimana kalau kita kerja di Negara dengan UMR tinggi tapi kita gak tinggal di negara tersebut. Jadi ya bisa dibilang penghasilan tinggi tapi biaya hidup tetap seperti sebelumnya. Mungkin gak?

Jawabannya mungkin banget. Gimana caranya? Caranya adalah bekerja di sektor yang memungkinkan untuk kita kerjakan dari rumah atau istilah umumnya kerja "Remote". Apa aja kira-kira jenis pekerjaan yang bisa di kerjakan secara remote? nanti akan kita bahas diartikel lain ya...

Sebelum itu yuk kita intip dulu 10 Negara dengan UMR tertinggi di Dunia. Harga dibawah adalah rate gaji /jam.

  1. Luxembourg $13,78
  2. Australia $12,14
  3. Perancis $11,66
  4. Selandia Baru $11,20
  5. Jerman $10,87
  6. Belanda $10,44
  7. Belgia $10,38
  8. Inggris $10,34
  9. Irlandia $9,62
  10. Kanada $9,52

Sumber informasi diatas: worldpopulationreview.com (2020)

Informasi tersebut bisa kita gunakan sebagai patokan / referensi saat kita ingin mencari kerjaan fulltime remote di luar negeri.

Karena sistemnya remote, kita bisa pilih mau kerja untuk perusahaan di negara manapun, tapi tetap tinggal di Indonesia. Enak kan? Gaji $ pengeluaran tetap Rp.

Sesuai info UMR tertinggi tadi, kemungkinan besar perusahaan di negara tersebut akan cendering menggaji karyawan disekitaran gaji UMR. Termasuk untuk karyawan dengan sistem remote.

Mari kita buat simulasi andaikan kita bekerja remote untuk perusahaan di Australia dengan gaji $13/jam. Begini hitungannya.

Gaji perjam $13
Kerja dalam sehari 8 jam
Kerja dalam sebulan 20 hari
Total $2.080
Dollar sekarang kita anggap aja 14.000
Gaji dalam sebulan jika di rupiahkan Rp 30.160.000


Nah pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara dapat pekerjaan di luar negeri? Dan jenis-jenis keahlian apa aja yang paling banyak dibutuhkan serta bisa dikerjakan dengan sistem remote? Tunggu ya... kita sambung di artikel berbeda.

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved