Rumah Penduduk Ciamis Yang Pernah Dijadikan Markas Belanda

Sejarah

Rumah kuno

Penulis:Bearita.com

Bangunan rumah kuno peninggalan pada zaman kolonial Belanda masih cukup banyak ditemukan di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat kondisinya beberapa masih dalam keadaan utuh dan terpelihara.

Bahkan ada rumah yang dulu sempat dijadikan sebagai markas Belanda pada masa Agresi Militer tahun 1947 dan 1948.

Rumah kuno ini umumnya milik para juragan tembakau dan batik, yang dibangun sekitar 1920 dan 1930an. Bahkan ada rumah kuno yang bertuliskan 1901, diperkirakan bangunan itu telah berdiri pada tahun itu di wilayah Dusun Desa Kolot, Desa Cimari, Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis.

Saat ada aksi Agresi Militer Belanda l di tahun 1947, rumah-rumah tersebut dikosongkan oleh pemiliknya yang mengungsi. Saat itu pasukan Belanda menempati rumah-rumah warga sebagai markas komando.

Ada satu atau dua rumah dijadikan markas Belanda, tapi bangunan rumah yang tinggi milik H Mahdi tidak digunakan karena semua dikunci si pemilik.

Setelah Agresi Militer Belanda itu selesai, pemilik kembali ke rumahnya masing-masing dan menata kembali kehidupan. Karena bangunan dianggap unik dan memiliki karakter, maka ahli warisnya tetap mempertahankan bentuk bangunan.

sumber: FB

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved