Mengapa Tan Malaka Seperti Dilupakan Oleh Bangsa Indonesia

Tokoh

Tan Malaka

Penulis:Bearita.com

Tan Malaka tidak dianggap sebagai pahlawan nasional dan namanya dihapus dari buku-buku sejarah dan pelajaran sekolah yang mengenalkan sosoknya kepada para generasi penerus bangsa.

Mengapa begitu? Padahal dia yang pertama mencetuskan konsep Republik Indonesia melalui buah pikirannya di buku 'Naar de Republiek Indonesia' atau 'Menuju Republik Indonesia' pada tahun 1925.

Sosoknya memang tak setenar Bung Karno atau Bung Hatta. Namun, pemikirannya menjadi rujukan Bung Karno kala perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Alasannya adalah Cap komunis yang dilekatkan kepada Tan Malaka, dia dulunya mantan ketua PKI yang mengakibatkan sang revolusioner tak mendapat tempat di zaman Orde Baru. Nama Tan Malaka pun tak dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Setelah Soeharto lengser dan zaman berganti menjadi Reformasi, barulah sosok Tan Malaka kembali muncul. Tulisan dan buku-buku soal Tan Malaka kembali bermunculan.

Padahal disisi lain Tan Malaka oleh PKI sendiri dianggap sebagai pengkhianat dan dalam retorika dan narasi oleh tokoh-tokoh komunis dia dianggap orang yang berbahaya bagi komunisme.

banyak pemikiran Tan Malaka yang justru ditentang dan dimusuhi oleh para elite PKI. Bahkan, sejak tahun 1927 Tan Malaka dicap pengkhianat karena mendirikan PARI (Partai Republik Indonesia).

Ketidaksukaan elite-elite PKI terhadap Tan Malaka terus berlanjut bahkan hingga PKI dipimpin oleh DN Aidit. Hal ini bisa dilihat dari pidato-pidato DN Aidit ketika itu yang menyatakan musuh utama PKI salah satunya adalah Murba (partai yang didirikan Tan Malaka) dan Malakais (isme Tan Malaka).

sumber: quora
Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved