PARAH! Melahirkan Tanpa Suami, Ibu Kandung Nekat Membuang Bayinya Dalam Karung ke Sungai

Hukum

Ilustrasi jasad bayi

Penulis:Bearita.com

Ibu kandung nekat membuang bayinya ke ke aliran sungai Sitiotio, di Dusun V Desa Sei Silau Barat, Kecamatan Setia Janji, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

Mengenai kasus tersebut, Kapolres Asahan, AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH, berikan kronologi lengkap.

Mulanya kejadian itu  berawal dari seorang warga, Warsimin, Selasa 16 Nopember 2021 pukul 09.00 WIB di ladangnya mendapati satu karung goni dengan aroma menyengat.

Posisi karung goni tersangkut di pohon sawit, di aliran Sungai Sitiotio, di Desa Sei Silau. Warsimin kemudian menarik karung goni tersebut menggunakan kayu dan membukanya.

Betapa kagetnya, saat dibuka karung goni tersebut berisi bayi laki laki yang sudah meninggal dunia.

Kejadian itu kemudian diberitahukannya kepada temanya. Bersama saksi yang lainya, temuan itu pun langsung melaporkan ke Polsek Prapat Janji Polres Asahan.

Kemudian tim identifikasi Sat Reskrim Polres Asahan bersama Polsek Prapat Janji langsung melakukan penyelidikan di lokasi, Kamis 18 Nopember 2021.

"Dan menemukan petunjuk, tersangka pembuang bayi tersebut berinisial FA (18) yang merupakan ibu kandung bayi tersebut," urainya, dikutip dari Poskota Sumut.

Dari pengakuan tersangka kepada petugas, saat dilahirkan anaknya masih dalam keadaan hidup. Namun karena panik langsung dimasukkan ke karung goni dan dibuang ke sungai.

"Motif dari tersangka melakukan tindakan membuang bayi tersebut untuk menutupi malu, karena bayi tersebut hasil dari pada persetubuhan di luar nikah," ujarnya.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya tersangka dikenakan pasal 342 KUHP tentang Ibu Membunuh Bayi yang Baru Dilahirkan dengan terencana. "Ancaman pidana pada pasal ini menyebutkan 9 tahun penjara," tandasnya.

Sementara, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Asahan, Awaluddun SAg MH, memberi apresiasi kepada Kapolres Asahan beserta jajarannya, yang serius mengungkap pelaku pembuangan bayi di Desa Sei Silau Barat, yang telah menggegerkan tersebut.

 

“Saya sangat mengapresiasi atas kinerja Kapolres Asahan dan jajarannya atas pengungkapan kasus ini. Saya acungkan jempol yang terus berhasil mengungkap kasus-kasus kekerasan terhadap anak dengan waktu yang relatif singkat,” ucap Awaluddin.

sumber: poskota

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved