Sejarah Singkat Kung Fu Chien Li Ma, Beladiri Khusus Tetua Bo Shong (Pendeta Tao) di Indonesia

Sejarah

Bong Fap Po

Penulis:Bearita.com

Ialah Bong Fap Po (黃法保) Lahir ditahun 1902 di sebuah desa kecil di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Menjadi seorang master kungfu pertama di Indonesia berasal dari Kalimantan Barat.

Semasa hidupnya ia belajar Ilmu beladiri Kung Fu bemazhab Yin Dan Yang dengan Jurus bernama Chien Li Ma, ia belajar langsung dibawah bimbingan gurunya yang bernama Fam Kam Fui yang berasal dari Hong Kong, Fam Kam Fui sendiri adalah seorang pendeta Tao, ahli Fengshui dan praktisi bela diri.

Dia sering meminta bantuan dari Bong Po untuk membantunya dalam membuat peti mati atau mengurus hal-hal kecil lainnya yang diperlukan Fam Kam Fui selama di Hindia Belanda waktu itu. Disinilah Fam Kam Fui melihat sosok Bong Po adalah seorang pemuda yang polos, ulet, tulus, jujur, baik hati dan berjodoh mewarisi ilmu Bela diri Chien Li Ma.

Dalam sejarahnya yang panjang dari Dinasty Ming (明朝t/) tradisi jurus beladiri Chien Li Ma ini hanya diturunkan terbatas kepada kalangan Tetua Bo Shong (Pendeta Tao) sendiri.

Tapi kali ini sejarah mencatat bahwa ilmu bela diri ini akhirnya diturunkan kepada orang biasa dan diwariskan kepada kita sampai sekarang dan menjadi sebuah seni beladiri yang dapat di pelajari oleh semua kalangan.

Murid pertama Bong Po sendiri adalah keponakannya sendiri, yang bernama Bong Shin Jin/Atung (黄新仁 / 阿董) dan beberapa murid lainnya.

Atung sendiri berhasil mengajar sampai keluar negri seperti Malaysia, Hong Kong dan murid-muridnya tersebar luas dibeberapa kota besar di Indonesia.

"Bagi saya Kung Fu bukan hanya ilmu bela diri saja, Kung Fu adalah ilmu pembentukan karakter untuk menjadi manusia yang jujur,bertanggungjawab,tangguh dan berbudi luhur."

sumber: MUSEUM PUSTAKA PERANAKAN TIONGHOA

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved