Mengapa Tubuh Hewan Herbivora Bisa Besar dan Tambun Padahal Hanya Makan Tumbuhan?

Sains

gambar ilustrasi

Penulis:Bearita.com

Sering dibenak kita bertanya, mengapa hewan herbivora bisa bertubuh besar nan tambun padahal makanannya hanyalah tumbuhan, ketimbang hewan karnivor yang memakan daging namun tubuhnya lebih kecil dari hewan herbivora?

Bearita.com - Hewan Herbivora adalah hewan yang hanya memakan tumbuhan. Lalu akan muncul pertanyaan di benak kita, mengapa hanya memakan tumbuhan saja namun tubuh hewan herbivora tetap besar dan tambun?

"Besar" adalah kata yang kita gunakan untuk mendeskripsikan manusia atau binatang yang bobot tubuhnya di atas rata-rata.

Dan, karena bobot tubuh rata-rata manusia jelas beda dibanding hewan, kita tidak bisa memukul rata kalau semua hewan herbivora itu tambun atau gendut, sebab normalnya ukuran mereka adalah seperti itu.

Penyebab utama mengapa hewan herbivora memiliki tubuh lebih besar atau tambun dibandingkan hewan karnivora atau omnivora adalah karena sistem pencernaan mereka lebih panjang dibandingkan sistem pencernaan hewan lain.

Misalnya, hewan herbivora yang sering kita lihat yaitu sapi.

sistem pencernaan sapi membuat tubuh sapi terlihat lebih besar dan tambun

Perhatikan gambar di atas, terlihat bahwa sebagian besar ruang dada sapi ditempati oleh paru-parunya. Kemudian, lebih dari separuh perut ditempati oleh lambung, yang bukan cuma berjumlah satu, tapi empat. Hewan ruminansia atau pemamah biak memiliki empat lambung (retikulum, rumen, omasum, dan abomasum) dengan fungsi yang berbeda, disambung dengan usus halus yang sangat panjang dan usus besar yang besar dan panjang pula. Panjang total sistem pencernaan sapi bisa mencapai lebih dari 20 meter.

Hewan herbivora yang lebih liar seperti contohnya antelop, meskipun kerangkanya kecil, ternyata bentuk tubuhnya juga agak seperti tabung agar mengakomodasi sistem pencernaan yang dilipat-lipat ke tubuhnya.

tubuh antelop yang seperti tabung untuk mengakomodir sistem pencernaannya yang berlipat-lipat

Di bawah ini bentuk kerangka dari hewan antelop. 

kerangka hewan antelop

Mari kita beralih ke hewan yang lebih besar, yaitu badak. Kerangka badak sendiri malah membentuk ruang tabung yang besar di tubuh mereka.

kerangka tubuh badak jauh lebih besar


Tambahan info : Bagi yang bertanya-tanya kenapa culanya tidak ada, itu karena cula bukanlah terbuat dari tulang, melainkan dari keratin (bahan yang sama dengan penyusun rambut dan kuku).

Karena tulang-tulang badak besar dan rusuknya membentuk ruang tabung di badannya, tentu saja badak kelihatan besar dan tambun.

Sekarang, mari kita beralih ke hewan terbesar di darat, itulah gajah.

sistem pencernaan gajah


Terlihat jelas bahwa gajah mempunyai sistem pencernaan yang panjang juga. Usus-usus mereka juga besar.

Kesimpulan mengapa herbivora membutuhkan sistem pencernaan sepanjang itu? Bukannya mereka hanya makan tumbuhan, yang hanya punya sedikit nutrisi dibanding daging?

  1. Justru karena mereka cuma makan tumbuhan, mereka membutuhkan setiap miligram nutrisi yang terdapat di tumbuhan.
  2. Mencerna tumbuhan itu lebih sulit dibanding mencerna daging, karena tumbuhan memiliki dinding sel yang terbuat dari selulosa.
  3. Dinding sel ini alot dan tidak bisa dicerna oleh kebanyakan herbivora, sehingga bahkan dengan saluran pencernaan sepanjang itu, banyak herbivora masih membutuhkan bantuan dari protista atau bakteri tertentu yang bisa memecah selulosa dalam tumbuhan sehingga bisa dicerna. 
  4. Juga, mereka membutuhkan bakteri pembusuk di usus besar (sama seperti kita). Jadi, keberadaan saluran pencernaan yang panjang, yang akhirnya mengisi sebagian besar ruang di perut mereka, mutlak dibutuhkan.

sumber: Quora

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved