Alasan Mengapa Amerika Serikat Tidak Membangun Kereta Cepat

Global

Peta Amerika Serikat

Penulis:Bearita.com

Amerika meskipun negara maju sampai sekarang mereka tidak punya teknologi untuk membuat kereta cepat.

Ini dikarenakan Amerika sudah memiliki teknologi transportasi yang jauh lebih Canggih daripada kereta cepat seperti Pesawat dan Mobil sehingga Kereta Cepat tidak terlalu populer di Amerika.

Orang Amerika kalau berpergian mereka lebih suka naik pesawat daripada naik kereta cepat karena waktunya lebih fleksibel.

Selain naik pesawat orang lebih suka naik mobil kalau berpergian keluar kota karena infrastruktur di Amerika sudah memadai dimana akses keluar masuk kota atau negara bagian menjadi lebih mudah.

Amerika Pernah melakukan Proyek yang saat itu bisa dibilang cukup gila yaitu Interstate Highway System (seperti gambar diatas).

Proyek ini merupakan Jalan Tol yang dicetuskan oleh Presiden Amerika saat itu Dwight Eisenhower yang bertujuan untuk memudahkan akses transportasi darat antar negara bagian.

Proyek ini dimulai pada tahun 1956 dan berakhir Pada tahun 1992. Proyek tersebut menelan biaya yang sangat mahal, yakni mencapai 114 miliar USD.

Sehingga dengan adanya jalan tol ini rasanya pemborosan jika membangun kereta cepat.

Selain itu Amerika sudah punya banyak infrastruktur yang mampu memudahkan transportasi.

Amerika memiliki bandara yang jumlahnya mencapai lebih dari 19 ribu dan ditambah dengan jalan tol Interstate Highway system. 

Selain itu ada juga satu alasan mengapa Amerika tidak mengembangkan teknologi kereta cepat.

Amerika pernah berencana mengembangkan kereta cepat sekaligus rel-nya namun dibatalkan karena tidak dapat dukungan secara politik.

Ini dikarenakan perusahaan-perusahaan transportasi di Amerika seperti Boeing atau GM melobi-lobi Pemerintah untuk membatalkan dukungan terhadap kereta cepat.

Kesimpulannya mengapa Amerika tidak mengembangkan Teknologi Kereta Cepat.

  1. Amerika sudah memiliki banyak teknologi transportasi yang jauh lebih Canggih daripada kereta cepat.
  2. Kereta cepat kurang populer dikalangan masyarakat sehingga secara ekonomi dan bisnis kereta cepat tidak menguntungkan.
  3. Amerika sudah memiliki banyak infrastruktur yang mampu memudahkan transportasi.
  4. Perusahaan Transportasi seperti Otomotif dan Penerbangan berusaha melobi pemerintah untuk tidak mendukung proyek kereta cepat demi melancarkan bisnis mereka.

sumber: quora

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved