Sejarah Singkat Sastrawan Kebanggaan Indonesia, Chairil Anwar

Tokoh

Chairil Anwar

Penulis:Bearita.com

Chairil Anwar lahir di Medan 26 Juli 1922. Chairil Anwar bukanlah sastrawan yang hanya merenung di balik meja lalu menulis puisi.

Chairil Anwar lahir di Medan 26 Juli 1922. Chairil Anwar bukanlah sastrawan yang hanya merenung di balik meja lalu menulis puisi.

Chairil Anwar adalah sosok sastrawan yang tegas melawan kolonialisme lewat karya-karya sastranya. Sajak “Diponegoro” misalnya, ia tuliskan untuk mengungkap sosok Diponegoro yang menghadapi Belanda dan menggelorakan kembali semangat juang.

Selain itu ada juga sajak “Karawang-Bekasi” yang ditulis berdasarkan pengalamannya saat agresi militer Belanda I pada 21 Juli 1947.

Puisi Chairil berhasil mencuatkan namanya sebagai pelopor angkatan 45 yang mendobrak angkatan sebelumnya. Terkenal dengan potret diri yang ikonik dalam pose menghisap sebatang rokok, Chairil menghasilkan sajak-sajak yang memperkaya khazanah sastra Indonesia.

Kisah Chairil di masa sesudah kemerdekaan dan sikap juang Chairil yang kuat dikisahkan dalam Buku Saku Tempo: Chairil Anwar.

Nama-nama tokoh di atas mungkin tidak semuanya kita ketahui. Namun tidak ada kata terlambat untuk mengetahui dan lebih dekat dengan sejarah dan tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam memerdekakan Indonesia.

Memupuk rasa nasionalisme di dalam diri generasi zaman sekarang ini memang tidak mudah. Pilihannya ada di tangan kita apakah kita mau memupuk sikap peduli atau tidak peduli, karena hidup adalah pilihan.

sumber: SEJARAH INDONESIA DAN DUNIA

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved