PPKM di Jawa dan Bali diperpanjang hingga 18 Oktober 2021, Blitar Satu-satunya yang Level 1

Nasional

PPKM di Jawa dan Bali diperpanjang hingga 18 Oktober 2021

Penulis:Bearita.com

PPKM di Jawa dan Bali diperpanjang hingga 18 Oktober 2021. Di Jatim, hanya Kota Blitar yang masuk level 1, sementara Surabaya hingga Malang Raya masih berstatus level 3.

Keputusan ini tertuang dalam Inmendagri nomor 47 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. Aturan ini diteken Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada 4 Oktober 2021.

Jatim menjadi satu-satunya wilayah di Indonesia yang menerapkan PPKM Level 1, yakni di Kota Blitar. Selain itu, ada lima kabupaten/kota yang menerapkan PPKM level 2 dan 32 kabupaten/kota yang masuk PPKM level 3.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan sejumlah daerah mulai mengalami penurunan kasus COVID-19, salah satunya Blitar. Hal ini membuat daerah tersebut akan melakukan uji coba new normal, dan jika berhasil akan diterapkan di daerah lainnya.

Pemerintah akan melakukan uji coba PPKM level 1 'new normal' di Blitar. Implementasi uji coba PPKM level 1 diberlakukan karena telah memenuhi syarat indikator WHO dan target cakupan vaksinasi 1 70 persen dan dosis 1 lansia 60 persen," kata Luhut dalam siaran pers PPKM, Senin (4/10/2021).

"Kalau ini berhasil, kita akan kembangkan ke kota-kota yg masuk di level 1," lanjutnya.

Selain Kota Blitar, ada sejumlah wilayah yang turun dari level 3 menjadi level 2. Yakni Kota Madiun.

Sedangkan kabupaten/kota yang naik dari level 2 ke level 3 yakni Tuban, Sumenep, Sampang, Probolinggo, Pasuruan, Pamekasan, Jember, Bojonegoro.

Untuk Surabaya Raya atau wilayah Surabaya, Sidoarjo dan Gresik masih bertengger di level 3. Sementara Malang Raya atau Kabupaten Malang, Kota Malang dan Batu juga masih berstatus level 3. Pada pekan lalu.

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved