10 Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan

Olahraga Demi Kesehatan Jantung

Penulis:Bearita.com

Penyakit Jantung menyumbang 30 persen kematian setiap tahun di Jamaika dan meskipun kita mungkin tidak terlalu memikirkannya, jantung adalah otot terpenting dalam tubuh.

Jantung memompa darah dan oksigen ke semua organ dan ketika jantung tidak mendapatkan perawatan yang dibutuhkan, masalah serius dapat terjadi.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengadopsi gaya hidup untuk meningkatkan kesehatan jantung yang baik. Berikut 10 tips kesehatan jantung yang baik yang diberikan oleh konsultan ahli jantung Dr Rohan Wilks.

1. Pola makan

Salah satu hal terbaik yang bisa kita semua lakukan untuk diri kita sendiri adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Ada banyak diet berbeda di luar sana tetapi ada beberapa prinsip dasar yang direkomendasikan untuk kita ikuti. Hal-hal yang harus dimasukkan dalam diet kita adalah buah-buahan dan sayuran, ikan berminyak seperti salmon dan mackerel, biji-bijian (roti, nasi pasta), kacang-kacangan & kacang-kacangan dan makanan susu rendah lemak. Hal-hal yang harus dihindari termasuk daging merah dan olahan, makanan dan minuman manis, makanan olahan, karbohidrat olahan seperti roti putih, kue, tepung putih dan makanan penutup manis, alkohol berlebihan dan garam berlebihan.

2. Latihan

Seiring dengan diet sehat, olahraga merupakan faktor utama dalam menjaga kesehatan jantung yang baik. Bertujuan untuk berolahraga setidaknya 150 menit per minggu. Kita dapat mencapainya dengan berjalan, berlari, berenang, atau bersepeda lima hari seminggu selama 30 menit setiap hari.

3. Mencapai/mempertahankan berat badan ideal

Obesitas adalah faktor utama yang menyebabkan penyakit jantung dan menurut Survei Kesehatan dan Gaya Hidup Jamaika, setengah dari orang dewasa Jamaika kelebihan berat badan atau obesitas. Diet sehat dan olahraga adalah cara utama untuk mengatasi obesitas. Hal ini seringkali sangat sulit dan kita tidak perlu takut untuk mendapatkan bantuan profesional dari ahli gizi dan personal trainer jika kita mengalami kesulitan. Kami juga harus berkonsultasi dengan dokter kami karena mungkin ada pengobatan atau pilihan bedah untuk membantu dalam kasus-kasus tertentu.

4. Pertahankan tekanan darah normal

Hipertensi adalah kontributor utama lain untuk penyakit jantung yang umum di populasi kita. Menurut Survei Kesehatan dan Gaya Hidup Jamaika, dua dari setiap tiga orang Jamaika di atas usia 15 tahun menderita hipertensi. Kita harus memeriksakan tekanan darah kita setidaknya setahun sekali. Jika pembacaan sistolik kita lebih besar dari 130 atau pembacaan diastolik kita lebih besar dari 85, kita harus berkonsultasi dengan dokter tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.

5. Menjaga kolesterol normal

Kolesterol abnormal dapat menempatkan kita pada peningkatan risiko penyakit jantung. Periksakan kolesterol Anda dengan tes darah sederhana dan diskusikan hasilnya dengan dokter Anda untuk melihat apakah Anda makan dengan risiko yang meningkat dan untuk mengatasi hasil yang tidak normal.

6. Mencegah/mengendalikan diabetes

Orang dengan diabetes lebih mungkin mengembangkan penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang tidak menderita diabetes. Mencegah diabetes dapat dilakukan dengan diet dan olahraga. Namun, jika Anda memang mengidap diabetes, sebaiknya Anda mendeteksinya lebih awal sebelum Anda mengalami gejala atau komplikasi dengan melakukan tes. Selain itu, Anda harus bekerja sama dengan dokter Anda untuk mengontrolnya dengan baik untuk mencegah komplikasi seperti penyakit jantung.

7. Berhenti merokok/hindari perokok pasif

Hubungan antara merokok dan penyakit jantung sangat jelas. Merokok tembakau adalah larangan besar. Jika Anda tidak dapat berhenti sendiri, cari bantuan melalui dokter Anda

8. Kunjungi dokter Anda secara teratur

Memiliki dokter yang dapat membantu Anda menavigasi semua masalah potensial adalah kunci dalam menjaga kesehatan jantung yang baik. Dokter Anda dapat membantu memandu Anda dengan semua faktor di atas sehingga Anda dapat mengetahui risiko Anda dan mengurangi risiko penyakit jantung jika perlu.

9. Jangan abaikan nyeri dada

Jika Anda tidak dapat mencegah penyakit jantung, penting untuk memperhatikan gejala penting seperti nyeri dada yang mungkin merupakan tanda penyakit jantung. Perawatan yang tepat dapat membantu mencegah komplikasi dan kematian akibat penyakit jantung. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang ketidaknyamanan dada yang mengganggu dan pertimbangkan untuk pergi ke rumah sakit terdekat jika Anda tiba-tiba mengalami ketidaknyamanan dada yang parah.

10. Jangan abaikan kemungkinan gejala stroke

Meskipun kita berbicara tentang penyakit jantung, stroke merupakan penyebab kematian kardiovaskular yang sama banyaknya atau lebih di Jamaika. Pengenalan dini dan pengobatan stroke yang cepat dapat mencegah komplikasi dan kematian. Beberapa gejala khas termasuk bicara cadel, memutar wajah dan kelemahan atau mati rasa ke satu sisi wajah dan anggota badan (lengan dan kaki).

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved