Wow!, Domba Laku Dijual Dengan Harga Rp.7 M. Apa Sih Istimewanya ?

Global

Texel Sheep Society

Penulis:Randi

Berapa harga domba termahal yang pernah anda tahu? Mungkin berkisar antara jutaan sampai belasan juta ya. Tapi baru-baru ini ada seekor domba yang dilelang dan laku dijual dengan harga Rp 7,1 miliar.

Berapa harga domba termahal yang pernah anda tahu? Mungkin berkisar antara jutaan sampai belasan juta ya. Tapi baru-baru ini ada seekor domba yang dilelang dan laku dijual dengan harga Rp 7,1 miliar loh? Domba itu bernama Double Diamond.

Double Diamond dilelang dalam "The Scottish National Texel Sale" yang digelar di Lanark, Glasgow, Skotlandia pada 27 Agustus 2020. Dibuka mulai dengan harga 10.500 Pound Sterling (sekitar Rp 204 juta), domba berusia 6 bulan itu akhirnya dilepas dengan harga 367.500 Pound Sterling (sekitar Rp 7,1 miliar).

Peternak bernama Charlie Boden menjual Double Diamond kepada tiga peternak yang berhasil menawar dengan harga tinggi. Sekarang ini, Double Diamond memegang rekor sebagai domba termahal di dunia. Lantas, kenapa sihDouble Diamond laku dijual dengan harga yang fantastis? Simak ulasannya berikut ini.

Jeff Aiken, salah satu pembeli, mengatakan bahwa Double Diamond adalah domba istimewa yang memiliki fisik sempurna. Pria yang berprofesi sebagai manajer di Procters Farms itu mengatakan banyak peternak yang mengincar Double Diamond dalam acara lelang kemarin karena kesempurnaan yang dimilikinya.

"Dia hanya hewan yang luar biasa. Dia adalah domba besar dengan konfirmasi dan karakter yang hebat, beberapa di antaranya adalah tentang pembiakan," ujar Jeff Aiken dilansir Sky News. "Tapi kalau kalian lihat detail yang lebih kecil dari domba itu (Double Diamond), kalian lihat kepalanya, warna rambutnya, warna di sekitar matanya, kaki, dia sempurna dalam segala hal."

"Kita tahu dia akan menjadi sangat spesial. Dia hanya hewan yang luar biasa, dengan semua genetik terbaiknya. Ada sekitar 7 sampai 8 orang yang sangat menginginkannya dan membuat harganya mahal," imbuh Aiken. "Jangan salah paham, itu jumlah uang yang tak main-main untuk membayar seekor domba. Dan ini tidak boleh dijadikan cerminan komunitas petani."

Alasan lain kenapa Double Diamond laku dijual dengan harga miliaran adalah karena dia berasal dari trah Texel. Texel sendiri adalah trah terminal nomor satu di United Kingdom (Inggris Raya) yang menghasilkan daging tanpa lemak berkualitas tinggi dan juga wool. Trah ini aslinya berasal dari pulau Texel, Belanda.

Menurut Texel Sheep Society, dikutip dari news.sky.com, domba Texel memang sering dijual dengan harga minimal lima digit (sekitar puluhan ribu Pound Sterling). Di Indonesia sendiri jenis domba ini sudah dibudidayakan di daerah Wonosobo, Jawa Tengah sejak tahun 1957. Cuaca dan iklim wilayah ini ternyata cocok untuk mengembak biakan domba Texel.

Dengan semua kesempurnaan genetik yang dimilikinya, Double Diamond dianggap sebagai bibit unggul. Tak heran jika peternak rela membayar mahal untuk bisa mendapatkan domba kelahiran Macclesfield, Cheshire, Inggris Raya ini. Jeff Aiken dan pembeli lain pun berniat untuk mengawinkan Double Diamond dengan domba-domba lain.

"Aku tahu dia akan menghasilkan banyak uang, tapi aku tidak mengharapkan dia untuk menghasilkan uang sebanyak itu," kata Jeff Aiken. "Mudah-mudahan dia akan hidup lama. Dan selama dia dalam keadaan yang bugar serta sehat, kami akan menggunakan dia untuk mengembangbiakan (domba lain)."

Sementara itu, rekor domba termahal sedunia sebelumnya dipegang oleh Deveronvale Perfection. Domba ini laku terjual dengan harga 231.000 Pound Sterling atau sekitar Rp 4,4 miliar pada tahun 2009 lalu.

 

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved