Yuk Kita Intip Sejarah Singkatnya Javasche Bank Surabaya

Pendidikan

De Javasche Bank saat ini

Penulis:Bearita.com

Museum De Javasche Bank yang terletak di sekitar kawasan Surabaya lama merupakan sebuah bank yang didirikan oleh pemerintah Belanda pada 24 Januari 1828 dengan pusatnya di Batavia.

Setahun kemudian, pada tahun 1829, Belanda membuka cabang De Javasche Bank di Surabaya.

Gedung ini mulai berhenti beroperasi sebagai bank pada 14 September 1973. Kemudian, pada tahun 2012, gedung De Javasche Bank dinobatkan sebagai gedung warisan budaya milik Bank Indonesia dan dijadikan museum yang menampilkan berbagai barang sejarah perbankan, mulai dari mesin pencetak uang, sejarah bentuk uang, arsip dan sebagainya.

gedung

Pada tahun 1904, gedung tersebut dihancurkan dan dibangun kembali dengan luas sekitar 1.000 meter persegi dan bergaya neo renaisans dengan atap Mansart dan pilar hias Hindu-Jawa yang menghiasi bagian luar gedung sampai saat ini. Arsitektur bergaya Belanda kuno yang berdiri kokoh dan juga sejarahnya yang panjang.

teller bank pada zaman dahulu

De Javasche Bank Surabaya pernah dikuasai oleh Pemerintah Kolonial Jepang pada tahun 1942 kemudian kembali beroperasi pada tanggal 6 April 1946, setelah pasukan Sekutu kembali berkuasa.

Pada tanggal 1 Juli 1953, De Javasche Bank diubah menjadi Bank Indonesia dan secara otomatis gedung De Javasche Bank di Jalan Garuda dikonversi ke kantor Bank Indonesia. Namun pada tahun 1973, kantor tersebut tidak dipakai lagi karena kapasitas gedungnya tidak mencukupi untuk kegiatan Bank Indonesia.

Kantor baru didirikan di Jalan Pahlawan No. 105 dan masih digunakan sampai sekarang sebagai Kantor Bank Indonesia Surabaya.

Singkat cerita gedung ini sudah berumur sekitar 188 tahun dan masih berdiri kokoh. Gedung ini juga menjadi saksi bisu kelahiran perbankan di Indonesia dan perkembangan perbankan hingga saat ini.

Gedung De Javasche Bank yang renovasi selesai pada awal 2012 ini menjadi salah satu gedung warisan budaya milik Bank Indonesia (BI).

Saat ini gedung De Javasche Bank berfungsi sebagai museum dan ruang pameran. Masyarakat juga bisa meminjam gedung untuk berbagai kegiatan seni, budaya dan pendidikan. Tentunya kamu bisa menambah wawasan tentang sejarah Bank Indonesia di jaman lalu.

sumber: FB

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved