Sebaiknya Baca Beberapa Fakta Ini Sebelum Berkunjung Ke Bangladesh

Traveling

Keadaan di sebuah kota di Bangladesh, source : quora

Penulis:Bearita.com

Jika saja ada perjalanan yang mengharuskan mu berkunjung ke Bangladesh, beberapa fakta tentang situasi Bangladesh di bawah ini mungkin dapat membantu mu untuk lebih menyiapkan diri sebelum memulai kunjungan ke Bangladesh.

Bearita.com-Dari satu gambar di atas, mungkin kamu sudah mendapatkan bayangan sedikit tentang bagaimana Bangladesh itu. Lihatlah kabel-kabelnya, betapa 'semrawut' bukan?

Bangladesh atau Republik Rakyat Bangladesh berada di Asia Selatan yang berbatasan dengan India di barat, utara, dan timur, Myanmar di tenggara, serta Teluk Benggala di selatan. 

Bangladesh sendiri memiliki enam musim, musim-musim ini disebut grismo (musim panas), barsha (hujan), sharat (musim gugur), hemanto (dingin), sheet (musim dingin) , dan bashonto (musim semi).

Dan inilah beberapa fakta penting yang harus kamu tahu sebelum berkunjung ke Bangladesh,

1. Petugas keamanan hotel akan selalu dilengkapi senjata api laras panjang.

 Ketika kamu baru datang ke Bangladesh dan akan memasuki hotel, jangan kaget dengan petugas keamanan hotel sekelas satpam yang menenteng senjata laras panjang AK-47 dan shotgun.

Bagaimana dengan di perempatan-perempatan jalan Bangladesh? Sudah tentu selalu dijaga oleh polisi lengkap dengan senjata serupa.

Mengapa begitu banyak pengamanan di mana-mana? 

bangladesh adalah negara dengan tingkat keamanan cukup rendah

Inilah ranking Bangladesh, menjadi urutan ke 12 negara yang memiliki tingkat kriminalitas tinggi per tahun 2019 dan di urutan 15 pada tahun 2021.

Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia ternyata jauh lebih baik dari Bangladesh untuk tingkat kriminalitasnya. Yaitu di urutan 52 pada tahun 2019 dan meningkat signifikan di tahun 2021 menjadi urutan 62.

2. Selalu gunakan taxi saat hendak bepergian di Bangladesh dengan menutup rapat seluruh kaca.

Dengan banyaknya petugas keamanan yang berjaga itu menadakan keadaan di Bangladesh sungguh rawan. Maraknya pengemis yang kerap melakukan tindakan menarik-narik baju dan memaksa untuk diberikan uang hingga bahkan merampas barang-barang yang kita bawa.

Bajaj-bajaj umunya dilengkapi dengan jeruji kawat di bagian jendela dan pintu, agar menghindari tindakan kriminal (rampas,todong),juga maraknya penjualan organ tubuh. Seorang supir bajaj pernah menceritakan bahwa pernah ada dua orang berboncengan dengan membawa alat seperti Scoop eskrim, rumornya digunakan untuk mencongkel mata.

3. Air tanah Bangladesh mengandung Arsenik.

Bencana terkontaminasinya pasokan air di Bangladsh diketahui pertama kali di tahun 1970-an. Disebabkan pemerintah Bangladesh mengebor jutaan sumur tabung dangkal untuk menyediakan air bersih bagi warga desa tanpa menyadari bahwa tanah di sana memiliki kandungan arsenik alami.

Meski demikian menghawatirkannya, menurut laporan HRW, tidak ada pengawasan dan penanganan yang tepat serta meyeluruh dari pemerintah terkait pencemaran arsenic. Politisi setempat pun hanya memperhatikan sumur-sumur di daerah yang terdapat banyak pendukung mereka saja.

Bahkan Institusi Uji dan Standarisasi Bangladesh (BSTI), merekomendasikan hanya 5 merek air mineral saja yang boleh dikonsumsi, diantara 10 merk air mineral yang beredar di Bangladesh. 

Gejala yang diakibatkan keracunan arsenik ini tidak terdeteksi saat fase awal kontaminasi ditubuh. Namun baru terasa 8 sampai 14 tahun setelahnya, tergantung dari berapa banyak arsenik yang masuk ke dalam tubuh.

Reaksi ini tergantung dari keadaan nutrisi tubuh dan respon imun tubuh kita. Penyakit yang muncul bisa bermacam-macam seperti perubahan pigmentasi pada kulit, kehilangan indra pendengaran, kanker paru, diabetes melitus dan lain-lain.

keracunan arsenic mengakibatkan kerusakan pada kulit. bearita.com

Pigmentasi kulit pada salah satu korban keracunan arsenik.

Penyebab terkontaminasinya  air tanah di Bangladesh oleh arsenik sebenarnya masih menjadi kontroversi dan belum bisa ditetapkan. Tapi ada keyakinan bahwa kandungan arsenik di dalam tanah terbentuk secara alami akibat struktur geologis bebatuan di daerah itu yang didukung oleh adanya reaksi kimia dan biologis.

peta tentang persebaran hasil uji kandungan arsenik di Bangladesh, bearita.com

Peta tentang persebaran hasil uji kandungan arsenik di Bangladesh.

4. KFC pernah tersandung kasus di Bangladesh

Bahkan restoran fastfood yang paling mendunia saja pernah tersandung kasus di Bangladesh. Ini disebabkan kelalaian yang entah disengaja atau tidak, KFC Bangladesh ketahuan menyimpan 18 kilo daging ayam yang telah expired di salah satu outletnya. 

Itulah beberapa fakta yang sebaiknya diketahui sebelum melakukan kunjungan ke Bangladesh agar lebih hati-hati ketika berada di negara tersebut.

Dengan mengetahui dan membandingkan keadaan suatu negara lain dengan Indonesia, akan membuat kita makin bersyukur karena kita dilahirkan di tempat yang kaya dan aman oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Tugas kita adalah bagaimana memanfaatkan semuanya dengan baik dan bertanggung jawab.

source : quora, CNN

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved