Solusi Hebat Negara Maju Untuk Warganya, Bikin Takjub

Unik

Sumber gambar : quora, sebuah tempat makan yang menyediakan pengisi daya ponsel bertenaga surya, ditempel pada payung setiap meja restoran.

Penulis:Bearita.com

Beberapa solusi hebat di negara maju untuk memudahkan aktivitas warganya ini membuat kita takjub.

Bearita.com - Negara maju adalah sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata tentunya. 

Jadi tidak heran jika banyak sekali infrastruktur yang memadai bahkan memberikan kemudahan yang lebih minimalis dan dirancang untuk memberikan solusi yang semakin 'simple' bagi warganya. Seperti beberapa yang dapat kamu lihat di sini.

1. Eskalator untuk pesepeda di Norwegia.

Di Norwegia, untuk memudahkan para pesepeda saat melalui jalan yang cukup menanjak, pemerintahnya menyediakan solusi yang hebat. Agar tidak kewalahan menggoes sepeda saat tanjakan, dibuatlah eskalator khusus pesepeda tepat berada di sisi jalan. 

Cara menggunakannya adalah cukup dengan menginjakan salah satu kaki ke tambatan eskalator, sambil tetap berada di atas sepeda, lalu memencet tombol start pada tiang eskalator, dan eskalator pun bergerak mendorong ke depan sampai melalui tanjakan.

Solusi yang hebat dan 'simple' bukan? Pesepeda tidak perlu khawatir 'ngos-ngosan' saat menemui jalan menanjak.

Bisa melihat videonya di sini : Eskalator pesepeda di Norwegia

eskalator bagi pesepeda di Norwegia, (bearita.com)

2. Desain tempat sampah yang memudahkan pengumpul botol bekas.

tempat sampah di norwegia memudahkan pencari botol bekas, bearita.com

Masih di Norwegia, bahkan pemerintah di sana juga memikirkan cara memudahkan bagi orang yang berprofesi pengumpul botol bekas. Dengan desain tempat sampah seperti ini, akan membuat para pengumpul botol bekas tidak perlu kerepotan mengorek sampah.

3. Bangku taman yang mudah di geser.

bangku taman yang mudah di geser, bearita.com

Bangku taman dilengkapi dengan rel, sehingga memberikan solusi agar gampang memindah-mindahkan bangku saat ingin duduk di tempat yang teduh di bawah pohon.

Tidak perlu menggotong susah payah kan? atau pun pasrah duduk di tempat yang panas karena tidak mampu memindahkan bangku. Solusi sederhana yang hebat di negara maju.

4. Di negara maju, perlengkapan untuk furnitur disusun berdasar urutan pemasangan, bukan jenisnya, seperti di Indonesia.

Ini adalah solusi sederhana yang hebat. Solusi ini akan membuat perakitan furnitur yang dilakukan di rumah semakin cepat, sesuai dengan kebiasaan di negara maju, mereka tidak mau lama-lama menghabiskan waktu untuk hal yang kurang produktif.

di negara maju, perlengkapan disusun berdasar urutan pemasangan, bukan jenisnya. bearita.com

5.  Beberapa rumah makan akan memberikan potongan harga jika kamu membawa anak kecil, yang anak tersebut bisa bersikap baik ketika berada di rumah makan.

Ini sebuah bentuk untuk mendisiplinkan anak-anak sedari kecil di negara maju. Bahkan rumah makan saja sangat 'concern ' mendukung generasi muda untuk memiliki sikap sopan saat berada di tempat umum, dengan memberikan 'reward' diskon atas sikap baik anak-anak selama berada di rumah makan mereka.

diskon yang diberikan oleh rumah makan untuk mereka yang membawa anak dan anak tersebut bersikap baik selama berada di rumah makan, bearita.com

6. Mengisi daya ponsel dengan tenaga ayunan publik di stasiun kereta.

Ini juga solusi hebat saat lupa membawa charger ponsel. Ada dua solusi yang di berikan sepertinya, daya ponsel terisi, sekaligus melepas penat sebentar dengan bermain ayunan.

mengisi daya handphone dengan berayun di stasiun kereta, negara modern. bearita.com

7. Jalur penyebrangan untuk pejalan kaki yang di proyeksikan di atas jalanan yang bersalju dan kotor.

marka jalan penyebrangan dengan proyeksi warna di atas jalan yang tertutup salju dan tanah. bearita.com

Dengan memberikan sinar yang berwarna sebagai tanda tempat menyebrang. Sinar ini di proyeksikan di atas jalan untuk menggantikan marka jalan yang tertutup salju, tanah maupun pasir.

Sebuah solusi hebat untuk para pengguna jalan di negara maju yang memang warganya selalu tertib dalam menggunakan jalan umum, karena mereka akan selalu mencari marka tanda penyebrangan saat ingin menyebrang.

8. Alat yang selalu mengacak posisi nomornya.

miwa random tenkey. bearita.com

Ini juga salah satu solusi hebat di negara maju agar orang yang berniat jahat tidak bisa mempelajari pola sandi. Sebab posisi nomornya selalu berubah-ubah setiap kali akan dipakai. Bisanya alat ini ditempelkan pada pintu rumah agar menghindari pencurian dan perampokan.

9. Kunci toilet yang berfungsi ganda.

Kunci toilet umum ini dilengkapi dengan baki, sehingga kita tidak bisa keluar tanpa mengambil barang-barang yang kita taruh di atas bakinya. Menjadi solusi yang hebat bukan? terutama bagi orang yang sedang membawa ponsel dan beberapa barang lain seperti botol minuman, namun tidak membawa kantong plastik atau tas dan ingin segera uang air. 

Dengan baki pada kunci ini, memberikan solusi agar ponsel dan botol minuman tidak diletakan di lantai atau di atas tangki toilet.

nampan sekaligus kunci toilet. bearita.com

10. Kursi penumpang kereta di Jepang menghadap keluar.

tempat duduk penumpang kereta di jepang menghadap jendela. bearita,com

Solusi ini memberikan kenyamanan bagi penumpang kereta di Jepang sambil menikmati pemandangan di luar. Dan juga menjadi lebih privat khususnya bagi wanita, tidak perlu khawatir lagi kepada orang yang berniat iseng mengambil fotonya ataupun menatapnya.

Itulah beberapa solusi hebat yang disediakan oleh negara maju untuk warganya. 

source : quora

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved