Naypyidaw Menjadi Ibu Kota Negara Tersepi di Dunia

Unik

Kondisi jalanan di Naypyidaw

Penulis:Bearita.com

Setelah pejabat pemerintah Myanmar memindahkan ibu kota mereka sejauh 320 mil (514 km) ke pedalaman (Naypyidaw) di mana hampir tidak ada pembangunan yang sedang berlangsung. Dikarenakan ibu kota sebelumnya (Yangon) memiliki beberapa masalah, tetapi setidaknya Yangon memiliki banyak aktivitas industri yang berjalan.

Gambar diatas merupakan kondisi jalan raya yang bisa kalian temukan di Naypyidaw, ibu kota Myanmar (Burma) yang baru sejak tahun 2005. Jalan dengan 20 jalur nampak megah namun sangat sepi.

Naypyidaw memiliki luas area 7.054,37 kmdengan total penduduk kurang lebih 925 jiwa memiliki kepadatan penduduk sebesar 0,0.013 jiwa per km2. Sangat berbeda jika dibandingkan dengan Jakarta yang memiliki kepadatan penduduk hingga 16.704 jiwa per km2.

Naypidaw menghadapi masalah yang sangat berbeda dari kebanyakan ibu kota di negara lain, masalah tersebut adalah hampir tidak ada yang menggunakan jalan raya itu oleh siapa pun alias sangat kesepian.

Sebagian besar gedung pemerintah yang baru juga kosong dan tempat wisata yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi kota juga sangat sedikit.

Myanmar termasuk yang termiskin di antara negara-negara Asia. Tekat mereka untuk memindahkan ibu kota negara merupakan hal yang cukup berani untuk menghindari masalah di ibu kota yang lama.

Berikut adalah beberapa gambar yang mencolok lainnya tentang betapa kosong san sepi-nya Naypyidaw.

Naypyidaw
Naypyidaw
Naypyidaw

sumber: theguardian.com

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved