Menghilangkan Baper, Memunculkan Peka

Tips

gambar ilustrasi

Penulis:Bearita.com

Sebagian orang merasa lelah dengan dirinya karena acap kali baper atau sensitif dengan perubahan yang terjadi di sekitar, ditandai dengan mudah sekali merasa tersinggung, sedih dan kecewa.

Pribadi orang yang baper atau sensitif tentunya mudah peka terhadap perubahan kecil yang terjadi di lingkungan.

Perubahan yang dia rasa menyentuh ke dirinya, baik dari tutur kata, sikap, dan masih banyak lagi yang berasal dari sekitar akan mudah membuat orang yang gampang baper menjadi stress.

Efeknya bermacam-macam tapi kebanyakan orang sensitif atau baper lebih sering merasa bingung bahkan sakit hatinya.

Pemahaman yang perlu kita dasari, peka = sensitif/mudah terangsang/mudah tergerak, jadi, jika ingin tetap peka tapi tidak sensitif, bisa dimulai dengan merubah pola pikir.

Yaitu mempertimbangkan sikap yang harus dilakukan dalam sebuah situasi. Umumnya, orang yang sensitif adalah orang yang punya inisiatif tinggi dalam hal apapun. Sebelum melakukan sesuatu, perlu di pertimbangkan lagi terkait respon yang akan diberikan. 

Perhatikan pada gambar, ini akan memudahkan kita mengelola kapan kita harus berinisiatif dan kapan juga kita harus belajar tidak ikut campur dalam sebuah situasi.

cara mengontrol perasaan sensitif agar tidak baper, bearita.com

Karena poin yang selalu harus diingat adalah, kita hanya bisa mengontrol diri kita, sisanya biarkan alam yang bekerja.

Jadi, cara menghilangkan baper namun tetap memunculkan peka adalah dengan tidak merubah pribadi kita menjadi seorang yang apatis dan tidak perduli dengan sekitar. 

Tetaplah menjadi pribadi yang baik dan peka, tetapi dengan merubah pola pikir, bahwa kita hanya mampu mengontrol diri kita, tidak mampu mengontrol perlakuan orang lain terhadap kita.

Jadi tidak perlu pusingkan sesuatu yang berasal dari luar kendali kita.

 

Quora

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved