Ingat Game Flappy Bird? Ternyata Ini Alasan Hilang dari PlayStore

Game

Dong Nguyen: pembuat geme mobile Flappy Bird

Penulis:Bearita.com

Pada akhir 2012, Dong Nguyuen membuat game Flappy Bird dalam waktu 3 hari. Dong Nguyuen kemudian meluncurkan gamenya di App Store pada Mei 2013. sampai kunjung tahun berakhir game ini hanya menjadi game indie biasa yang berceceran di App Store seperti yang lainnya.

Pada awal 2014, entah bagaimana game ini tiba-tiba saja menjadi sangat viral. Dalam sekejap Flappy Bird diunduh oleh jutaan orang, menjadikan Flappy Bird meraih game dengan unduhan terbanyak di App Store selama kurun waktu bulan Januari, dan membuat Dong Nguyen mengantongi $50.000 perhari hanya dari iklan.

Ini adalah sebuah cerita sukses yang sangat besar. Banyak orang-orang membicarakannya, berbagai konten kreator juga mengulasnya.

Akan tetapi pada 9 Februari 2014 Dong Nguyen mendadak memberi tahu bagi para pengguna game Flappy Bird melalui twitter pribadinya bahwa Flappy Bird akan ia tutup dalam 22 jam setelah twit tersebut ia posting.

Menepati apa yang ia posting, pada 10 Februari 2014 Flappy Bird ditarik dari App Store dan Play Store oleh pembuatnya sendiri (Dong Nguyen).

Tentu hal ini menjadikan semua orang bertanya-tanya mengenai apa yang sebenarnya terjadi terhadap game yang sedang berada dipuncak kesuksesan ini.

Beberapa spekulasi pun bermunculan. Mulai dari tuduhan pencontekan grafik dari Mario Bros, tuduhan penggunaan bot, sampai dibilang hanya teknik pemasaran.

Menyikapi segala spekulasi tersebut, Nguyen akhirnya muncul ke media dan memberi tahu alasan sebenarnya ia menarik Flapy Bird dari pasar. Dalam akun twitternya ia mentweet:

I can call ‘Flappy Bird’ is a success of mine. But it also ruins my simple life. So now I hate it. It is not anything related to legal issues. I just cannot keep it anymore. I also don’t sell ‘Flappy Bird’, please don’t ask.” tulisnya di akun Twitter pribadinya

Seperti programer lainnya yang merupakan seorang introver akut. Dong Nguyen merasa hidupnya terenggut oleh betapa tenarnya permainan yang ia ciptakan. Ketenaran permainannya membuat kehidupan Dong Nguyen terusik oleh berbagai media masa. Dong Nguyen merasa kehidupan sederhanannya sudah hilang.

Pada April 2014 nama Flappy Bird kembali muncul di App Store dengan nama Flappy Bird: New Season dan dengan nama pengembang yang berbeda.

Catatan Kaki:
Dong Nguyen on Twitter

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved