Program PPG Daring 2021 Dalam Jabatan Di Masa Pandemi

Opini

Meeting online Program PPG Daring 2021

Penulis:Bearita.com

Bagi seorang guru, pastinya sudah tidak asing dengan istilah Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan, yang mana ini merupakan sebuah proses bagi seorang guru untuk mendapatkan pengakuan keprofesian sebagai pendidik yang profesional dengan mendapatkan sertifikat pendidik. Tentu saja sertifikat pendidik ini akan di dapat apabila guru tersebut di nyatakan lulus setelah mengikuti  semua kegiatan dalam program PPG ini.

Mempertimbangkan kondisi pandemi covid 19 dan protokol kesehatan, maka berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, program PPG dari tahun 2020 dan tahun 2021 ini di laksanakan menggunakan pola daring (online) oleh semua Perguruan Tinggi  yang memiliki Program studi PPG di seluruh Indonesia. Mulai dari tahap awal konfirmasi kesediaan peserta, sampai pada tahap akhir Ujian Pengetahuan (UP) UKMPPG 2021 yang juga akan di laksanakan secara daring berbasis domisili apabila penetapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terus di perpanjang.

Peserta yang mengikuti program PPG Daljab 2021 secara daring ini pun tidak hanya berasal dari satu provinsi saja dalam satu perguruan tinggi. Di  dalam program PPG Daljab Universitas Mulawarman 2021 angkatan 2 di Samarinda yang sedang saya jalani saat ini misalnya, mahasiswa yang tergabung dalam studi PGSD adalah campuran mahasiswa yang berasal dari Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan dan Lampung.

Dengan program PPG pola daring ini, tentu saja membuat peserta yang mengikuti program  PPG daljab 2021 harus ekstra bermodal kuota internet dan harus mencari tempat yang jaringan internetnya stabil. Untuk mahasiswa yang tinggal di daerah perkotaan mungkin hal seperti ini bukanlah masalah besar, namun untuk peserta yang masih tinggal di desa terpencil  maupun yang tinggal di daerah yang jaringan internetnya tidak stabil seperti saya, tentu saja bukan sesuatu yang mudah untuk dapat mengikuti kegiatan ini. 

Oleh sebab itu, setiap peserta perlu persiapan dan upaya yang maksimal agar dapat meminimalisir masalah jaringan internet dan untuk kelancaran selama mengikuti program PPG daring ini. Diantaranya ada mahasiswa yang berinisiatif mengontrak rumah di daerah lain, ada yang menumpang di rumah teman maupun kolega selama mengikuti program PPG ini, dan ada pula yang harus bolak-balik puluhan kilometer untuk mendapatkan jaringan internet terbaik. 

Namun ternyata dari segala kerumitan program PPG Daljab yang di laksanakan secara daring ini, ada beberapa manfaat tambahan yang di dapat oleh mahasiswa. Selain mendapatkan pengetahuan  tentang cara merancang pembelajaran dan menyusun perangkat yang lengkap serta cara memberi penilaian berbasis HOTs yang benar, mahasiswa PPG Daljab pola daring ini juga otomatis belajar  cara menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik untuk menambah minat belajar siswa. 

Selain itu mahasiswa juga secara tidak langsung menjadi belajar bagaimana cara menjadi editor untuk mengedit video pembelajaran, dan menjadi aktif menggunakan channel youtube sebagai tuntutan tugas program PPG daring ini. Bahkan untuk beberapa mahasiswa yang sebelumnya tidak begitu paham menggunakan perangkat seperti laptop, proyektor, dan aplikasi digital, setelah mengikuti program PPG daring ini membuat mereka lebih melek terhadap teknologi.

Baik mahasiswa, dosen pembimbing dan guru pamong, serta semua pihak yang terkait dalam kegiatan PPG Daljab 2021 ini tentunya berharap semua peserta dapat lulus sebagai guru yang profesional dengan nilai yang memuaskan. Setelah menyelesaikan semua tahapan belajar di kegiatan ini, di harapkan  juga semua peserta program PPG Daljab akan bisa menerapkan ilmu yang telah di dapat di tempat kerjanya masing-masing, untuk proses belajar mengajar yang lebih baik lagi serta dapat memberikan dampak positif bagi pendidikan di Indonesia ke depannya. 

ARTIKEL: PPG Daring 2021 – Program PPG Daljab Di Masa Pandemi
Oleh: Melda Yanti,S.Pd

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved