5 Cara Meluangkan Waktu Untuk Olahraga Bagi Pekerja Kantoran

Kesehatan

Ilustrasi olahraga ringan dirumah

Penulis:Bearita.com

Salah satu alasan masyarakat tidak berolahraga adalah waktu kerja yang begitu panjang. Ada cara terbaik agar bisa meluangkan waktu untuk olahraga dan ini cocok bagi pekerja kantoran. Perkadang, menjadi karyawan yang sibuk sampai tidak ada waktu untuk olahraga. Dan ini bisa berdampak pada kesehatan tubuh.

Bagi pekerja kantoran menjadi tantangan untuk meluangkan waktu berolahraga. Hidup sibuk dan tanggung jawab pekerjaan menjadi alasan. Jika kamu ingin menjaga diri lebih baik dengan menambahkan beberapa olahraga ke rutinitas harian, ada banyak cara sederhana yang bisa kamu mulai. 

Kesibukan mungkin membuat kamu kekurangan waktu untuk berolahraga. Tidak selalu mudah untuk menempatkan waktu olahraga pada jadwal kerja yang cukup pada. Gunakan waktu luang dalam jadwal kamu untuk berolahraga. Latihan teratur dan lebih lama sangat ideal untuk kesehatan.

Berikut adalah cara meluangkan waktu untuk berolahraga bagi karyawan atau pekerja kantoran. 

  1. Mencari Kesempatan Waktu Berolahraga
    Kamu perlu menggerakkan tubuh dan metabolisme dengan berolahraga secara teratur. Tubuh merespons rangsangan yang konsisten setiap hari. Jika kamu hanya memiliki 15 atau 20 menit, 5 hari seminggu, untuk menggerakkan tubuh kamu. Lakukan saja saat ada kesempatan.

    Pandemi telah mengubah cara berolahraga. Banyak orang harus menyesuaikan diri dengan bekerja dari rumah. Dan banyak yang mulai berolahraga di rumah ketika pusat kebugaran terpaksa ditutup. Cari kesempatan tersebut untuk menyesuaikan beberapa gerakan ekstra ke dalam aktivitas kamu sehari-hari.

  2. Gunakan Waktu Istirahatmu
    Menggunakan waktu istirahat kamu di tempat kerja untuk menggerakkan tubuh dapat membantu meningkatkan tingkat energi dan mencegah cedera. Karyawan yang aktif secara teratur dan secara konsisten lebih produktif daripada mereka yang tidak aktif. 

    Kamu bisa menggunakan waktu istirahat sebagai investasi pada kesehatan daripada waktu yang terbuang sia-sia.

  3. Cari teman
    Cari seseorang untuk diajak aktif berolahraga. Bisa jadi rekan kerja, teman atau anggota keluarga. Buatlah komitmen bersama yang jelas, seperti jalan-jalan siang 3 kali seminggu. Kamu tidak hanya akan merasa termotivasi, tetapi juga tidak ingin mengecewakan teman.

    Jika kamu masih bekerja dari rumah, sarankan hal ini kepada rekan kerja. Mereka mungkin menghargai kesempatan untuk olahraga lebih banyak. Jejaring sosial penuh dengan grup virtual dari semua jenis yang dapat membantumu menjadi lebih aktif.

  4. Ciptakan Peluang Untuk Berolahraga
    Jika kamu benar benar sibuk dalam kerjaan, carilah sedikit peluang di mana kamu dapat menambahkan lebih banyak berolahraga di hari tersebut.

    Misalkan saja menggunakan tangga di rumah atau di kantor sebelum kamu mulai bekerja. Berjalanlah ke toko kelontong jika kamu bisa. Berjalan kaki saja jika memang kantor dan kediamnmu tidak begitu jauh. Ini akan lebih efektif untuk olahraga kecil.

  5. Ubah Kebiasaan
    Saat kamu berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah kecil untuk berolahraga setiap hari, cobalah untuk membuat hal-hal menarik. Melatih tubuh bagian atas kamu suatu hari dan tubuh bagian bawah keesokan harinya. Bergantian antara cardio dan latihan kekuatan. 

    Dengan mengubah kebiasan malas berolahraga akan membuatmu jauh lebih produktif dan memiliki tubuh yang sehat. Mulailah membuat jadwal rutin untuk berolahraga, minimal 2 kali dalam seminggu.

Tidak mudah memang melakukan kegiatan disaat ruang kerja yang masih padat. Tetapi dengan meluangkan waktu, kamu bisa berolahraga setiap hari. Walaupun kamu pekerja kantoran atau karyawan yang sibuk, tetaplah menjaga kesehatan tubuh.

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved