Ciri-ciri Perusahaan yang Sehat dan Tidak Untuk Mengembangkan Karier dan Keterampilan

Tips

Ilustrasi

Penulis:Bearita.com

Ada beberapa metrik yang bisa dipertimbangkan untuk mendapatkan gambaran umum tentang keadaan sebuah perusahaan. Angka eksaknya pasti sulit didapatkan, namun Anda bisa mengira-ngira dengan observasi dan bertanya ke teman atau kenalan Anda di perusahaan tersebut.

Pertama, employee turnover rate, yaitu rasio jumlah karyawan yang keluar (entah resign atau dipecat) terhadap rata-rata jumlah karyawan pada waktu tertentu. Bagi pencari kerja ini bisa jadi indikator kesehatan bisnis maupun lingkungan kerja di dalam suatu perusahaan.

Kedua, karena concernnya ingin mencari perusahaan yang baik untuk mengembangkan karir, lihat juga metrik average employee tenure, yaitu rata-rata lama bekerja karyawan di suatu perusahaan. Kalau perusahaan yang Anda incar memiliki rerata lama kerja karyawan yang rendah, Anda patut mempertanyakan kesempatan membangun karier di sana.

Nah, poin terakhir yang mungkin lebih kontroversial, lihat pola hiring perusahaan tersebut untuk posisi-posisi tingkat menengah dan senior. Apakah mereka mempromosikan karyawannya sendiri, atau mereka sibuk mencari talenta dari luar? Ini bisa jadi indikator seberapa komitmen suatu perusahaan mengembangkan kapabilitas talenta yang dimilikinya. Kepoin saja profil LinkedIn manajer-manajer atau karyawan-karyawan tingkat senior perusahaan itu, apakah mereka mencapai tingkatan itu lewat promosi internal atau direkrut dari luar.

Indikator-indikator tersebut dapat memberi gambaran umum, tapi tentu baiknya kita gali lebih dalam untuk mencari tahu apa yang menjadi alasan di baliknya. Lebih jauh lagi, setiap industri pasti memiliki perbedaan, sebaiknya bandingkan metrik-metrik tersebut dengan rata-rata industri.

Terima kasih sudah membaca, semoga membantu!

Terkait
Sumber Referensi Cerdas | Beragam Informasi Unik dan Berani
Copyright ©2024 bearita.com All Rights Reserved